Breaking News:

Berita Belitung

Wabup Buka Gebyar Let's Go Belitung, Tampilkan Motor Motifikasi dan Kue Lapis Legit

akil Bupati Belitung Isyak Meirobie membuka acara Gebyar Let's go Belitung, menyelenggarakan dua perlombaan modifikasi motor dan kue lapis Legit

Penulis: Maggang (mg) | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Yuranda
Wakil Bupati Isyak Meirobie, memukul gong pembukaan acara Gebyar Let's Go Belitung secara simbolis, Di Pandan House Restautant, Sabtu(6/4/2019 

POSBELITUNG-- Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie membuka acara Gebyar Let's go Belitung, menyelenggarakan dua perlombaan modifikasi motor dan Kue lapis Legit Belitung, di selenggarakan di Pandan House Restautant, Sabtu (6/4/2019).

Ketua panitia, Eni Fitriyani, mengatakan, acara yang di ikuti 10 peserta dari Lomba Kue Lapis Legit belitung, sedangkan untuk modifikasi motor 45 peserta. Untuk perlombaan ini, pihaknya lebih fokus di perlombaan kue lapis Legit belitong karena kue lapis legit belitung, akan di jadikan sebagai oleh-oleh khas belitung.

"Ciri khas dari Kue Lapis Legit Belitung ini aroma yang berbeda dengan kue lapis Legit yang lainnya. Seperti wanginya berbeda dengan yang lainnya karena menggunakan bahan remapa-rempa yang terdapat di bahan pembuatan kue lapis Legit ini," katanya.

Menurut Eni, acaranya yang di selenggarakan sampai dua hari, dimulai Sabtu (6/4/2019) sampai Minggu (7/4/2019), akan mengambil juara satu sampai tiga yang akan di ajak bekerja sama dengan Pandan House Restautant.

Ia menjelaskan, membedakan Kue Lapis Legit Belitung ini dengan kue lapis legit yang lainnya, dari rasa dan lapisannya yang berbeda dengan yang lainnya.

Sedangkan untuk perlombaan motor untuk penilaiannya, ada dua tahap tahap satu di umum dan tahap dua kelas modifikasi motor thailand (mothai).

"Kalau untuk di umum penilaiannya menggunakan sistem potting, setiap pengunjung dia akan memberikan penilaian, untuk motor yang mereka sukai. Kalau untuk penilaian modifikasi motor thailand (mothai) akan di nilai oleh juri yang menentuhkan," jelas Eni.

Chaff Pandan House Restautant, sekaligus Juri lomba Kue Lapis Legit, Yaya Sukatna mengatakan untuk penilaian dalam pembuatan kue lapis legit ini yang pertama kebersihan, kedua persiapan, ketiga layer,testing.

"Kebersihan itu penting dikarenakan kita, membuat makanan untuk perut orang sehingga patal akibatnya bila tidak di perhatikan hal itu, kedua persiapan dalam segi peralatanya, bahannya dan yang lainnya, layer atau bentuk jika kue lapisan yang lurus maka kue itu akan bagus, sedangkan bentukya bergelombang makan kualitasnya akan buruk itu akibat kurang penekanan dalam proses pembuatan," jelas Yaya.

Menurutnya, untuk yang ke empat dengan cara melakukan testing, melihat kelembutannya dan kekeringannya dikarenakan kue lapis legit itu lebih cenderung banyak mentega, sehingga bisa berlemak.

"Kalau untuk expired/kadaluwarsanya lapis legit ini lumayan lama, karena saja untuk proses pemanggangannya bagus maka masa expirednya, minimal tiga hari, kalau lama akan berjamur maksimalnya lima hari," katanya.

Yaya  menjelaskan untuk bahan pembuatan Kue Lapis Legit Belitung ini ada bahan khas khusus, sehingga berbeda dengan kue lapis legit yang lainnya, seperti terigu, telur, mentega, susu bubuk, gula, kalau untuk kue lapis legit belitung ini perbedaannya menggunakan rempa-rempa yakni, kayu manis dan cengkeh.(Posbelitung/Yuranda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved