Jadi Rebutan, Sandaran Tangan di Tengah Kursi Pesawat Sebenarnya Siapa yang Berhak

Sering Jadi Rebutan, Sandaran Tangan di Tengah Kursi Pesawat Sebenarnya Milik Siapa?

Jadi Rebutan, Sandaran Tangan di Tengah Kursi Pesawat Sebenarnya Siapa yang Berhak
Instagram
Sering Jadi Rebutan, Sandaran Tangan di Kursi Tengah Pesawat Milik Siapa? 

POSBELITUNG.CO - Saat bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, mungkin sebagian penumpang menghindari kursi pesawat bagian tengah.

Hal ini disebabkan karena ukuran kursi pesawat terbang yang cenderung tidak luas sehingga tangan pun mau tak mau jadi ikut 'terjepit'.

Apalagi ada penumpang sebelah yang dengan 'egois'-nya menghabiskan bagian sandaran tangan kita.

Dengan kata lain, ia menempatkan sikunya sedemikian rupa sehingga tak ada ruang bagi tangan kita bersandar selama penerbangan berlangsung.

Angkasa Pura 1 lewat akun Instagramnya @ap_airports menghimbau netizen yang menggunakan pesawat untuk lebih beretika.

Salah satunya dengan memberi sandaran tangan kepada penumpang yang duduk di tengah.

"Alasannya, penumpang yang duduk di tengah nggak punya kebebasan ruang gerak seperti penumpang di window seat dan aisle. Kalau penumpang yang duduk di window seat bisa menyenderkan kepalanya di jendela. Sedangkan buat yang duduk di sisi aisle punya kekeluasaan apabila akan berjalan ke lorong untuk ke toilet dan keluar pesawat," begitu keterangan Angkasa Pura 1 di akun Instagram.

Dalam keterangan, disebutkan juga bahwa ini merupakan bentuk etika dan peraturan tidak tertulis selama menumpang pesawat.

Pakar etika Anna Musson mengatakan kepada Traveller.com.au bahwa etika selama di perjalanan, khususnya pesawat memang diperlukan.

Serupa dengan himbauan Angkasa Pura 1, Musson juga menyarankan penumpang yang duduk di kursi pinggir jendela dan lorong untuk memberi sandaran tangan kepada penumpang yang duduk di tengah.

Bentuk etika lain yang disarankan Musson adalah mengucapkan salam seperti "Halo" kepada penumpang yang duduk di sebelah kursi pesawat. Ini penting apalagi jika Anda penumpang yang membawa anak.

Halaman
123
Editor: tidakada016
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved