Breaking News:

Berita Belitung

Bupati Belitung Sebut Sampah Plastik Sudah Memiliki Nilai Jual

Puluhan ton sampah plastik yang biasa dibuang secara sembarangan, kini dicari oleh pabrik tersebut untuk di olah kembali menjadi produk seng plastik.

Dokumen Pos Belitung
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem). 

POSBELITUNG.CO - Kini sampah bisa menghasilkan pundi - pundi rupiah bagi masyarakat. Terutama di Kabupaten Belitung yang sekarang masih harus memenuhi kebutuhan sampah plastik secara banyak untuk pabrik plastik.

Puluhan ton sampah plastik yang biasa dibuang secara sembarangan, kini dicari oleh pabrik tersebut untuk di olah kembali menjadi produk seng plastik. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung sudah bekerjasama untuk pembelian sampah plastik ini.

"Kami sudah MoU dengan pabrik pengelolaan sampah plastik itu, jadi khusus sampah plastik seperti botol dan segala macam silahkan dikumpulkan, terus dijual, daripada dibuang sembarangan," kata Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) kepada Posbelitung.co, Selasa (9/4/2019).

Dikatakan Sanem, satu kilogram sampah plastik itu memiliki nilai yang tinggi. Apabila lebih serius untuk mengelola sampah plastik ini sebelum masuk ke pabrik, maka akan menghasilkan uang cukup banyak.

"Tentunya itu bisa menjadi peluang bisnis lagi, apalagi pabrik pengelolaan sampah ini masih banyak kekurangan untuk bahan baku mereka. Ini yang harus dilihat oleh masyarakat, peluang bisnis nya. Ini merupakan upaya kami untuk mengelola sampah dan supaya sampah itu juga menjadi berharga," ujarnya.

Sanem menilai mengumpulkan plastik bekas bukan sebuah pekerjaan yang dilarang atau pun menjadikan seseorang bermartabat rendah. Namun seseorang itu memiliki nilai yang positif untuk berkontribusi membangun Belitung lebih baik.

"Terutama membuat Belitung bersih dari sampah, dan harkat martabat justru tidak akan hilang. Justru kami memberikan penghargaan kepada mereka, karena sudah berkontribusi," pungkasnya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved