Advertorial

Pemkab Belitung Gandeng Shopee Indonesia, Melatih UMKM Belitung dalam Pemasaran Produk

Pemkab Belitung menggandeng PT Shopee Internasional Indonesia di sektor pengembangan kewirausahaan di Kabupaten Belitung.

Pemkab Belitung Gandeng Shopee Indonesia, Melatih UMKM Belitung dalam Pemasaran Produk
Pos Belitung
Pemkab Belitung Gandeng Shopee Indonesia, Melatih UMKM Belitung dalam Pemasaran Produk 

POSBELITUNG.CO -- Pemkab Belitung menggandeng PT Shopee Internasional Indonesia di sektor pengembangan kewirausahaan di Kabupaten Belitung. Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dilakukan Bupati Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) dan Head of Government Relations Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo di ruang rapat Bupati Belitung, Senin (8/4).

Dalam kesepakatannya, Pemkab Belitung dan Shopee akan menggelar pelatihan kewirausahaan kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Belitung. Hadir pada penandatanganan MoU ini Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie serta kepala--kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Belitung.

“Ini dapat menjadi motivasi, terutama dalam meningkatkan kemajuan daerah di masa yang akan datang. Perjanjian kerjasama ini dalam rangka pengembangan kewirausahaan di Belitung,” kata Sanem, Senin (8/4).
Menurutnya, kehadiran PT Shopee Internasional Indonesia membuat wirausaha bisa belajar lebih dalam tentang ilmu wirausaha. Terutama dalam pemasaran produk melalui online sehingga bisa mendatangkan manfaat positif.

“UMKM bisa belajar strategi pemasaran produk dengan memanfaatkan e-commerce atau dengan online. Apalagi sekarang sudah zamanya handphone android, semua transaksi sudah melalui itu dan Belitung tidak boleh ketinggalan,” katanya.

Pemkab Belitung Gandeng Shopee Indonesia, Melatih UMKM Belitung dalam Pemasaran Produk
Pemkab Belitung Gandeng Shopee Indonesia, Melatih UMKM Belitung dalam Pemasaran Produk (Pos Belitung)

Kata Sanem, kerjasama ini bertujuan membantu pemasaran produk KUKM masuk ke pasar nasional serta internasional.

“Sebetulnya sebagian pemasaran produk UMKM Belitung sudah mulai beralih ke sistem pemasaran secara online. Tapi masih banyak kendala yang harus mendapatkan jalan keluarnya. Sementara marketing secara online sudah menjadi kebutuhan, dan tidak bisa dihindari saat ini,” katanya.

Sanem berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar dalam mengembangkan potensi daerah, terutama memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung kemajuan pembangunan Belitung. “Semoga kerjasama ini dapat lebih ditingkatkan lagi, dengan cakupan bidang yang lebih luas lagi,” ucapnya.

Head of Government Relations Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo mengatakan, kerjasama ini sangat penting bagi KUKM, mengingat Indonesia sekarang sudah mengarah kepada revolusi industri 4.0.

“Pada kesempatan ini sangat kami sambut dengan baik, agar dapat memberikan ilmu sebagai pemain e-commerce di Indonesia. Ini untuk meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan teknologi digital, terutama UMKM di Belitung ini,” katanya.

Menurutnya, Shopee Indonesia sudah melakukan kerjasama lebih dari 17 kementerian dan lembaga di Indonesia.

“Kami berharap, nantinya kami bisa memberikan ilmu yang bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi di Kabupaten Belitung. Perlu diketahui, biasanya peningkatan UMKM setelah masuk e-commerce itu pesanan bisa meningkat hingga delapan kali per hari, atau bisa 80 kali pesanan minimal dalam sebulan,” katanya. 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved