Berita Belitung

Petugas Kebersihan Temukan Sampah Bekas Kotak Obat di Sekitar Kolam Sri Pinai

Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Belitung mendapati sampah bekas obat-obatan dibuang di sekitaran area Kolam Renang

Petugas Kebersihan Temukan Sampah Bekas Kotak Obat di Sekitar Kolam Sri Pinai
Pos Belitung/Dede Suhendar
Sampah bekas kotak obat yang ditemukan petugas kebersihan dibuang di lokasi eks TPS Kolam Sri Pinai Tanjungpandan. IST/dok DLHD Kab Belitung 

POSBELITUNG.CO - Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Belitung mendapati sampah bekas obat-obatan dibuang di sekitaran area Kolam Renang Dayang Sri Pinai Tanjungpandan‎, Senin (8/4/2019) sore kemarin.

‎Sampah yang dibuang sekitar 20 meter dari eks TPS yang sudah ditutup itu berupa kotak bekas obat-obatan dua karung disertai struk harga‎.

Menurut Koordinator Petugas Kebersihan DLHD Sumarno sampah tersebut diduga dibuang oleh pekerja salah satu apotek ternama di wilayah Tanjungpandan.

"Kami mendapat perintah dari kepala dinas, beliau mendapat laporan ada yang buang sampah di sekitar area Sri Pinai. Dari bukti awal struk itu akhirnya kami panggil pihak apotek, memang sempat terjadi perdebatan," ujar Sumarno saat ditemui posbelitung.co, Selasa (9/4/2019).

‎Kemudian Waki Bupati Belitung Isyak Meirobie datang ke lokasi tersebut dan memberikan keputusan bahwa oknum yang bersangkutan diberikan pembinaan.

Ia mengatakan sebelumnya Pemkab Belitung sudah resmi menutup beberapa lokasi yang pernah dijadikan TPS semenjak 21 Februari lalu. Satu diantaranya sekitar area Kolam Renang Sri Pinai.

Kondisi eks TPS di sekitar area Kolam Renang Sri Pinai Tanjungpandan kembali bersih, Selasa (9/4/2019)
Kondisi eks TPS di sekitar area Kolam Renang Sri Pinai Tanjungpandan kembali bersih, Selasa (9/4/2019) (Pos Belitung/Dede Suhendar)

Bahkan, pemda juga memasang spanduk imbauan bertuliskan tinta merah terkait sanksi jika membuang sampah di lokasi tersebut yaitu satu denda Rp 50 ribu ‎dan dua pidana kurungan tiga bulan atau denda.

Sanksi tersebut sesuai dengan Perda Kabupaten Belitung Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Pengelolan Sampah.

"TPS itu kan sudah ditutup ditambah spanduk sanksinya tapi kok masih ada yang buang sampah di situ, mungkin‎ dia tidk mengerti," katanya.

Berdasarkan pantauan media ini pada Selasa (9/4/2019), lokasi sekitaran Kolam Renang Sri Pinai Tanjungpandan sudah bersih. Tidak terdapat tumpukan sampah apapun mulai dari perempatan sampai area lapangan tenis..

(Pos Belitung/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved