Berita Belitung

Petugas TPS 12 Ini Tidak Tidur Demi Pemungutan Suara, Begini Ceritanya

Petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 Desa Aik Ketekok, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kamis (18/4/2019)

Petugas TPS 12 Ini Tidak Tidur Demi Pemungutan Suara, Begini Ceritanya
Posbelitung.com/Disa Aryandi
Petugas TPS 12 Desa Aik Ketekok, kamis (18/4/2019) ketika mengantarkan kotak suara ke PPS yang ada di kantor Desa Aik Ketekok 

POSBELITUNG.COM-- Petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 Desa Aik Ketekok, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kamis (18/4/2019) sekitar pukul 10.00 WIB mengantar kotak suara dan hasil pemilihan suara ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke kantor desa.

Lantaran baru selesai melangsungkan proses penghitungan suara pemilihan umum (pemilu) lima kotak itu. Pelaksanaan pemilu serentak ini, membuat petugas TPS itu tidak tidur untuk mensukseskan pemilu tersebut.

"Tidak tidur ini dari kemarin, ini baru mau pulang merebahkan badan dulu (tidur). Soalnya kami tidak pernah berhenti melaksanakan tugas ini," kata Ketua TPS 12 Desa Aik Ketekok, Vulta (Pupung) kepada posbelitung.com.

Diakuinya yang membuat lama proses demokrasi kali ini, lantaran sangat berbeda dengan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) ataupun Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), sebab masyarakat kurang paham terkait suara sah dan tidak sah.

"Belum lagi lipatan surat suara ini yang lama, karena kalau salah buka salah lipat waktu mencoblos bisa jadi dua lobang coblosannya dan suara menjadi tidak sah," ucapnya.

Belum lagi, lanjut dia, yang membuat lama yaitu melakukan rekap berita acara setelah proses penghitungan selesai. Oleh karena itu, harus berhati-hati dan teliti dalam meletakan angka, agar tidak mengalami kesalahan.

"Karena kalau selip satu saja, semua berkas dalam satu kotak itu harus bongkar semua," beber Vulta. (Posbelitung.com/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved