Pemilu 2019

KPU Belitung Timur akan Adakan Pemilihan Suara Ulang di Tiga TPS

Tiga TPS di Kabupaten Belitung Timur akan melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU)

KPU Belitung Timur akan Adakan Pemilihan Suara Ulang di Tiga TPS
Pos Belitung/Suharli
Ketua KPU Belitung Timur Rizal (Baju hitam) menghitung jumlah koli yang tiba di gudang Logistik KPU Beltim. Minggu, (24/3/2019) lalu, 

POSBELITUNG.CO - Tiga TPS di Kabupaten Belitung Timur akan melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU). Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Belitung Timur, Rizal setelah mendapatkan rekomendasi dari Panwascam Gantung dan Panwascam Kelapa Kampit.

"Kami sudah mendapatkan rekomendasi dari Panwaslu Kecamatan Gantung dengan nomor P-79/K.BB-06.05/ PM 00.02/IV/2019 tentang pemberitahuan. Pemberitahuan ini berisi tentang adanya pemeriksaan oleh Panwaslu melalui PTPS-nya bahwa di TPS 04 dan 09 di Desa lenggang terdapat pemilih yang belum terdaftar di DPT, DPTB maupun DPK, memilih pada TPS tersebut," ujar Rizal kepada posbelitung.co, Minggu (21/4/2019).

Mereka seharusnya tidak menjadi pemilih di TPS 04 dan 09 karena tidak memiliki A5, dan juga karena mereka menggunakan KTP luar Belitung Timur dan luar Provinsi Bangka Belitung.

Rizal menjelaskan mereka oleh KPPS diberikan satu surat suara yaitu surat suara presiden padahal tidak boleh secara prosedurnya harus memiliki A5 pindah memilih dari daerah asal.

"Berdasarkan masukan atau surat dari Panwas tadi, di TPS 04 dan 09 di Desa Lenggang akan dilaksanakan pemilihan suara ulang,"ujar Rizal.

Menurut Rizal karena yang terjadi kesalahan hanya pada surat pemilihan presiden dan wakil presiden, maka PSU hanya untuk surat Presiden dan Wakil Presiden.

Hal serupa juga terjadi di Kecamatan Kelapa Kampit di mana TPS 08 Desa Pembaharuan juga akan dilakukan PSU.

"Kami sudah mendapat surat dari KPPS melalui PPK untuk diusulkan diadakannya pemilahan suara timur, pemilihan suara ulang ini sudah kami tetapkan melalui keputusan KPU Kabupaten Beltim, nomor 69/HK.03.1-KPT/1906/KPU-KAB/IV/2019 tentang penetapan pemungutan suara ulang pemilu presiden dan wakil presiden pemilihan tahun 2019," ujar Rizal.

(Pos Belitung/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved