Pemilu 2019

TERCIDUK! 21 Kotak Suara di Bayumas DIbobol, Pelakunya Dua Orang PPS, Apa Motifnya?

TERCIDUK! 21 Kotak Suara di Bayumas DIbobol, Pelakunya Dua Orang PPS, Apa motifnya?

TERCIDUK! 21 Kotak Suara di Bayumas DIbobol, Pelakunya Dua Orang PPS, Apa Motifnya?
Kompas.com - Bawaslu Banyumas
Dua orang Panitia Pemungutan Suara di Banyumas diamankan petugas setelah diduga membobol sebanyak 21 kotak suara. 

TERCIDUK! 21 Kotak Suara di Bayumas DIbobol, Pelakunya Dua Orang PPS, Apa Motifnya?

POSBELITUNG.CO - Pemilu 2019 telah terlaksana dan sedang dalam proses perhitungan untuk mengetahui siapa pemimpin Indonesia lima tahun kedepan.

Walaupun kelihatannya proses pemilu berjalan dengan lancar, ternyata masih banyak kendala dan masalah dibelakangnya.

Pasca dilaksanakannya pesta demokrasi rakyat Indonesia pada 17 April 2019, banyak laporan dari berbagai pihak telah ditemukannya beberapa kecurangan.

Salah satu kecurangan telah dilaporkan terjadi di Kecamatan Patikraja Banyumas, Jawa Tengah.

Dilansir Gridhot.ID dari Kompas.com Sabru (20/4/2019), Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) menemukan dugaan pelanggaran perusakan 21 kotak suara yang tersimpan di gudang penyimpanan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Patikraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Banyumas Saleh Darmawan mengatakan, perusakan diduga dilakukan Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sidabowa, Kecamatan Patikraja, Banyumas, berinisial EL dan anggotanya berinisial TS.

"Kami menerima laporan semalam sekitar pukul 20.00 WIB ada dua orang yang membuka segel 21 kotak suara menggunakan gunting dan mengambil sampul C1 yang ada di dalamnya," katanya.

Kedua orang tersebut mengambil sampul C1 dari gudang yang terletak di Balai Desa Notog saat sedang berlangsung rekapitulasi suara tingkat kecamatan di tempat yang sama.

"Dari fakta yang terungkap melalui whatsapp group PPS, di sana ada kalimat dari Ketua PPK yang menyatakan untuk mempercepat proses sinkronisasi, bila perlu membuka kotak suara bisa merapat ke Notog (tempat rekapitulasi kotak suara sekaligus gudang penyimpanan kotak suara)," ujar Saleh.

Halaman
12
Editor: teddymalaka
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved