Berita Belitung

Tim Posko Pemantau Politik Belitung Sempat Temukan Hoax

Informasi hoax itu, menyebutkan beberapa lembar surat suara di Tempat Pemungungat Suara (TPS), sudah dalam keadaan tercoblos.

Tim Posko Pemantau Politik Belitung Sempat Temukan Hoax
Pos Belitung/Disa Aryandi
Posko Tim Pemantau Pemilu Serentak tahun 2019. 

POSBELITUNG.CO - Ketua Tim Posko Pemantau Politik Kabupaten Belitung AhyatMsempat menemukan informasi hoax selama pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel), DPRD Kabupaten Belitung tahun 2019 ini. Tapi setelah dilakukan pengecekan lapangan ternyata informasi tersebut tak benar. 

Informasi hoax itu, menyebutkan beberapa lembar surat suara di Tempat Pemungungat Suara (TPS), sudah dalam keadaan tercoblos. Tentunya pengecekan ke lapangan tersebut, semula dilakukan secara bersama-sama dengan Tim Posko Pemantauan Politik.

"Itu sewaktu hari 'H' pelaksanaan pemungutan suara, kami cek langsung ke lapangan ternyata tidak benar. Kami melihat semua berjalan dengan aman dan tidak ada surat suara yang tercoblos," kata Ahyat kepada posbelitung.co, Selasa (23/4/2019).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Belitung dari catatan mereka pemilu di Kabupaten Belitung berlangsung secara aman dan damai. Hanya saja terdapat beberapa surat suara yang DPRD tingkat Provinsi tertukar, seharusnya daerah pemilihan (dapil) 4 ke dapil 6.

"Itu saja kalau secara umum terbilang aman. Kalau untuk klaim-klaim saat ini memang ada, tapi kami minta tetap menunggu hasil dari Pleno KPU (Komisi Pemilihan Umum), hargai KPU sebagai penyelenggara dalam pemilu ini," ucapnya.

Tim Posko Pemantau Politik ini, tetap melihat situasi bukan hanya dilapangan saja. Namun di media sosial (medsos) menjadi pusat pengawasan mereka selama berlangsung pemilu maupun pasca pemungutan suara. Namun untuk situasi di Kabupaten Belitung sendiri, saat ini masih terbilang aman.

"Ya paling hanya klaim - klaim saja, itu baik di mesdos maupun whatsapp (WA) group. Tapi kami minta sekali lagi, mari kita berikan kepercayaan atau kesempatan kepada KPU untuk menyelesaikan tugas ini dengan tenang. Lagi pula KPU juga tetap diawasi oleh Bawaslu, TNI-Polri dan masyarakat, dan masyarakat kami harap bersabar menunggu hasil pleno," ujarnya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved