Anak Penyapu Jalan Asal Riau Diterima Kedokteran UI, Sempat Khawatir Tak Ada Biaya

Azma bekerja sebagai tukang las dengan penghasilan tidak tetap, tergantung pesanan las, sedangkan Ibu Arul seorang penyapu jalan.

Anak Penyapu Jalan Asal Riau Diterima Kedokteran UI, Sempat Khawatir Tak Ada Biaya
Dok. UI
Syahrul Ramadhan (18 tahun), pelajar SMA Negeri 2 Bangko, Rokan Hilir, Riau, berhasil diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2019. 

Kisah Arul, Anak Tukang Las & Penyapu Jalan Diterima Kedokteran UI

posbelitung.co - Syahrul Ramadhan (18 tahun), pelajar SMA Negeri 2 Bangko, Rokan Hilir, Riau, berhasil diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2019.

Arul, begitu sapaan akrab Syahrul adalah anak bungsu dari 3 bersaudara pasangan Azman dan Neni Marlina.

Azma bekerja sebagai tukang las dengan penghasilan tidak tetap, tergantung pesanan las, sedangkan Ibu Arul seorang penyapu jalan.

Kisah Arul lolos bersaing dengan ribuan pesaing lain dari banyak siswa keluarga mapan menjadi sebuah inspirasi semangat dan ketekunan belajar adalah kunci keberhasilan meraih impiannya: tembus FKUI, salah satu fakultas favorit di Indonesia.

Sempat kuatir biaya

Senin lalu (22/4/2019), Arul telah melakukan verifikasi rapor di Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI kampus Depok dan dilanjutkan proses daftar ulang pada Kamis (25/4/2019) di Balairung UI.

Arul mengaku sangat bahagia dan bangga saat mengetahui dirinya diterima di FKUI.

Namun di lain sisi, Arul dan orangtua khawatir akan biaya. Tidak hanya biaya perkuliahan melainkan juga biaya transportasi dan akomodasi semasa pendaftaran ulang sebelum kuliah pun terasa sangat berat. Arul menuturkan tekatnya,

“Saya sudah bercita-cita menjadi dokter dan ingin menempuh pendidikan di UI." "Sejak itu, saya konsisten menjaga nilai agar dapat tembus UI melalui jalur prestasi rapor.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved