Kriminalitas

Hati-hati Beredar Bahan Pengembang Kue Berisi Semen, Polisi Temukan Ratusan Kardus Kecil

Mukti menjelaskan, merek Rajawali mereka sablon sendiri, kemudian diisi semen. Pembuatan merek itu dilakukan di rumah salah satu pelaku.

Hati-hati Beredar Bahan Pengembang Kue Berisi Semen, Polisi Temukan Ratusan Kardus Kecil
Dokumen Polres Jepara
Polisi menunjukkan barangbukti bahan pengembang kue merk Rajawali yang ternyata berisi semen, Jumat (26/4/2019).? 

POSBELITUNG.CO -  Dari tangan Wagito (56) dan Siswadi (41), warga Bojonegoro, Jawa Timur, tim Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah mengamankan barang bukti 142 kotak kardus kecil warna merah merek Rajawali yang berisikan semen dalam kemasan plastik.

Polisi juga mengamankan 31 kemasan plastik bening isi semen, 50 kantong plastik warna merah, 300 lembar pembungkus warna merah dengan merek Rajawali serta satu unit mobil operasional jenis Daihatsu Sigra bernopol S 1223 AW.

"Ini murni kasus penipuan. Semua terencana dengan terstruktur," terang Kasat Reskrim Polres Jepara, AKP Mukti Wibowo, saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Sabtu (27/4/2019).

Mukti menjelaskan, merek Rajawali mereka sablon sendiri, kemudian diisi semen. Pembuatan merek itu dilakukan di rumah salah satu pelaku.

"Dua pelaku telah tertangkap dan seorang masih kami buru. Jadi ketiganya adalah teman dan tetangga desa. Mereka bersama-sama hendak menipu," kata Mukti lagi.

Para pelaku terancam mendekam di balik jeruji besi setelah Satreskrim Polres Jepara menjeratnya dengan pasal penipuan.

Pelaku usaha memproduksi dan atau memperdagangkan barang atau jasa yang tidak memenuhi atau tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dengan ketentuan perundang undangan sebagaimana diatur dalam Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 62 Ayat (1) Jo pasal 8 ayat (1) huruf a,d,e, dan f UU RI no 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan atau Pasal 136 Jo Pasal 75 ayat (1) huruf b UU no 18 tahun 2012 tentang Pangan.

Tim Satreskrim Polres Jepara, Jawa Tengah berhasil meringkus kedua pelaku pengedar bahan pengembang kue berisikan semen.

Kedua pria itu diringkus saat hendak beraksi memperjualbelikan bahan pengembang kue berisikan semen di wilayah hukumnya.

Berdasarkan data Satreskrim Polres Jepara, kedua pelaku yang dibekuk yakni Siswadi (41) dan Wagito (56). Sesuai identitas kependudukan, keduanya tercatat sebagai warga Bojonegoro, Jawa Timur. (Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ratusan Kardus Kecil Bahan Pengembang Kue Berisi Semen Diamankan",

Editor: edy yusmanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved