Berita Belitung

Ini Penyakit yang Harus Diantisipasi Pasca Banjir di Kampung Amau

pasca banjir yang harus dilakukan antisipasi dari segi kesehatan yaitu dua kategori penyakit.

Ini Penyakit yang Harus Diantisipasi Pasca Banjir di Kampung Amau
Istimewa
Ilustrasi sakit perut 

POSBELITUNG.CO-- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Suhandri mengatakan, pasca banjir yang harus dilakukan antisipasi dari segi kesehatan yaitu dua kategori penyakit. Tentunya dua penyakit ini biasa ditemukan, lantaran kandungan air dari banjir tersebut sangat kotor.

Penyakit tersebut adalah, penyakit kulit dan diare. Untuk penyakit kulit, lantaran tubuh manusia bersentuhan langsung dengan air yang kotor, dan penyakit diare effect dari kotoran yang melekat diperalatan masak.

"Kalau penyakit kulit ya biasanya gatal - gatal, diare dari makanan yang tidak steril, atau dari air sumur. Maka nya kalau sumber - sumber air pasca banjir itu harus di revitalisasi," kata Suhandri kepada Posbelitung.co, senin (29/4/2019).

Dinkes sendiri, kemarin sudah meninjau sumur-sumur yang digunakan masyarakat pasca banjir di Kampung Amau, Kelurahan Parit dan Kelurahan Kampung Damai itu. Ia menyarankan, untuk mengantisipasi kondisi tersebut harus menjaga faktor makanan dan minuman, maupun kebersihan.

Ssupaya tidak terkena penyakit kulit, diare, karena alat-alat senitasi mereka untuk membuat produk makan ini terganggu, karena terendam banjir. Biasa yang sering terjadi seperti itu," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved