Breaking News:

Berita Belitung

Harga Elpiji 3 Kg Tak Sesuai HET, Aliansi Belitong Maju‎ Gelar Aksi Damai di Gedung DPRD

Aksi damai menuntut turunkan harga eceran tertinggi (HET) elpiji 3 kg di gedung DPRD Kabupaten Belitung, Jumat (3/5/2019).

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Pos Belitung/Dede Suhendar
Suasana rapat audensi DPRD Kabupaten Belitung bersama Aliansi Belitong Maju membahas HET LPG 3 kg, Jumat (3/5/2019). 

POSBELITUNG.CO - Sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan Aliansi Belitong Maju mengadakan aksi damai menuntut turunkan harga eceran tertinggi (HET) elpiji 3 kg di gedung DPRD Kabupaten Belitung, Jumat (3/5/2019).

Akhirnya, rombongan diundang beraudensi oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani beserta jajaran komisi I, II dan III dengan menghadirkan Kabag Umum dan Pembangunan Setda Kabupaten Belitung Bakri, OPD terkait dan agen gas.

‎"Kami masih menemukan elpiji 3 kg ini di simpang empat Sijuk Rp 30 ribu, Aik Malik Rp 30 ribu, Tanjung Rusa Rp 28 ribu dan di Tanjungpandan pun ada yang Rp 27 ribu. Jauh dari HET, HET itu Rp 22.500, ini lah kalau pun ada permainan dari pengusaha kami tidak tahu," ujar Koordinator lapangan Eldy Saputra kepada posbelitung.co.

‎Menurutnya secara aturan, rentetan distribusi elpiji 3 kg dimulai dari SPBE menuju penyedia pangkalan dan langsung ke masyarakat.

Akan tetapi, mereka menduga terdapat oknum pangkalan gas yang bermain sehingga gas tersebut dijual kepada pengecer di toko-toko.

Akibatnya harga jual kembali naik dan tidak setara dengan HET.

"Ini lah yang kami temukan, boleh silahkan disurvei. Jadi masyarakat membeli dari eceran, mereka mengeluh sampai harga Rp 30 itu dan orang-orang itu kami ajak," katanya.

Dalam audensi tersebut, Aliansi Belitong Maju juga menyampaikan empat poin pernyataan sikap mereka.

Diantaranya pemerintah harus memastikan HET gas subsidi, menjamin harga LPJ 3 kg sesuai HET di kalangan masyarakat, menjaga ketersediaan LPG 3 kg dan 12 kg selama bulan Ramadan dan mendorong pembangunan SPBE di Kabupaten Belitung secepatnya demi menyetarakan harga untuk gas subsidi dan non subsidi.

(Pos Belitung/Dede Suhendar)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved