Berkat Tanaman Hidroponik, Mantan Satpam Lolos Jadi Anggota DPRD

Strategi yang dilakukannya itu adalah dengan mengenalkan cara menanam tanaman hidroponik kepada masyarakat.

Berkat Tanaman Hidroponik, Mantan Satpam Lolos Jadi Anggota DPRD
KOMPAS.com/LABIB ZAMANI
Caleg PSI Dapil 5 Kecamatan Jebres Solo dipastikan lolos menjadi anggota DPRD Kota Surakarta, Antonius Yogo P (41) di Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/5/2019). 

posbelitung.co - Antonius Yogo P (41) merupakan satu dari sekian calon anggota legislatif ( caleg) yang dipastikan lolos menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta, Jawa Tengah periode 2019-2024.

Anton maju sebagai caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dari daerah pemilihan (dapil) 5 Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah.

Dari hasil hitung cepat yang dilakukan, Anton saat ini memperoleh sekitar 3.500 suara. Hasil perolehan suara itu dipastikan terus meningkat hingga keputusan resmi KPU.

Sebagai pendatang baru, Anton harus bekerja ekstra keras untuk memperkenalkan dirinya dan PSI ke masyarakat di dapilnya.

Anton pun harus bersaing dengan caleg incumbent yang justru sudah memiliki basis pendukung. Anton memiliki strategi kampanye untuk menggaet pendukung di dapilnya.

Strategi yang dilakukannya itu adalah dengan mengenalkan cara menanam tanaman hidroponik kepada masyarakat.

Setiap berkeliling kampanye, Anton selalu memberikan workshop tentang bagaimana cara menanam tanaman hidroponik kepada masyarakat.

Di tengah workshop itu Anton tak lupa mengenalkan dirinya sebagai caleg. Maklum, Anton bukan berasal dari keluarga berada, sehingga dirinya tidak mampu mengeluarkan dana besar untuk menarik simpatik masyarakat.

Modal keahlian dari menanam sistem hidroponik tersebut, justru membuat simpati masyarakat dan mengantarkan dirinya ke kursi wakil rakyat.

"Saya ingin cara yang berbeda. Saya tidak mungkin mengumpulkan orang, organ tunggal, makan-makan, pulang terus dikasih uang. PSI bukan seperti itu," kata Anton yang juga salah satu pengurus hias hidroponik di Solo kepada Kompas.com, Rabu (1/5/2019).

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved