Berita Belitung

Solusi Agar Puasa Maksimal, Ini Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Saat Sahur

Persiapan fisik menjadi hal penting saat menjalankan ibadah puasa. Menjaga kesehatan terutama kaitannya dengan gizi ada beberapa kunci

Solusi Agar Puasa Maksimal, Ini Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Saat Sahur
www.vemale.com
Berbuka puasa (ilustrasi) 

POSBELITUNG.CO-- Persiapan fisik menjadi hal penting saat menjalankan ibadah puasa. Menjaga kesehatan terutama kaitannya dengan gizi ada beberapa kunci yang harus dipahami mulai dari pemenuhan gizi seimbang, kecukupan cairan dan istirahat yang cukup.

Gizi seimbang erat hubungannya dengan konsumsi makanan, apalagi dalam menjalankan ibadah puasa terbatas waktu mengonsumsi makanan. Setidaknya ada tiga waktu makan malam hari saat sahur, berbuka, dan sepanjang malam sebelum menjelang sahur.

"Saat sahur ada hal yang harus diperhatikan, misalnya saat sahur tetap harus memerhatikan gizi seimbang, kalau arahan Kemenkes istilah isi piringku dibagi tiga bagian. Sepertiga karbohidrat, sepertiga sayuran, dan sepertiga lainnya protein dan buah-buahan. Itu tetap harus diperhatikan," jelas Kepala Instalasi Gizi RSUD dr. H. Marsidi Judono Dianingsih saat ditemui posbelitung.co, Sabtu (4/5/2019) sore.

Agar puasa maksimal, kata Dian, jangan sampai waktu sahur terlewatkan. Buat memaksimalkan asupan tubuh sebaiknya mengonsumsi karbohidrat kompleks semisal nasi putih atau nasi merah. Kemudian protein sebaiknya yang mudah dicerna, misalnya telur, tahu, tempe, dan daging ayam.

Sayur dan buah sangat dianjurkan karena sumber serat untuk menunda lapar lebih lama, serta mempermudah BAB.

Meskipun berpuasa, cairan tubuh harus dijaga dengan minum 2 liter air atau jika dikonversikan menjadi 8 gelas cairan per hari.
Saat sahur minimal tiga gelas cairan bisa dari air putih, susu, dan buah-buahan yang dijus tanpa tambahan gula dan susu.

Ia pun kurang menyarankan mengonsumsi daging merah sat sahur karena akan lebih sulit dicerna sehingga cadangan energi terkuras. Selain itu gula, garam, dan minuman bersoda pun kurang dianjurkannya saat sahur. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved