Breaking News:

Ini Dampak Kalau Suka Makan Cepat dan Sedikit Mengunyah? Waspada Tubuh Jadi Gemuk!

Gangguan tersebut di antaranya tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kadar kolesterol HDL yang rendah. Semua penyakit ini bisa berbahaya.

shutterstock
Makan 

POSBELITUNG.CO-- Cara makan setiap orang tentu berbeda-beda, ada yang makan dengan cepat, ada yang lambat dan berlahan-lagan menikmati rasa makanan yang di makan.

Nah bagaimana tipe makan Anda? Apakah Anda orang yang makan dengan cepat atau sebaliknya?

Namun bagi yang suka melahap makanan dengan cepat, sebaiknya hati-hati.

Sebuah penelitian terbaru menjelaskan bahwa mengunyah makanan terlalu cepat dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan menimbulkan beberapa masalah dengan jantung.

Penelitian yang dipresentasikan dalam American Heart Association's Scientific Sessions 2017 ini juga menyebutkan bahwa orang yang makan lebih pelan cenderung tidak mengalami obesitas dan tidak mengembangkan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah kombinasi gangguan yang meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Gangguan tersebut di anataranya tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kadar kolesterol HDL yang rendah. Semua penyakit ini bisa berbahaya.

Bahkan, ketika semua penyakit tersebut didiagnosis bersamaan, kemungkinan mengembangkan masalah kardiovaskular (penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah)makin meningkat.

" Makan lebih pelan bisa menjadi perubahan gaya hidup untuk mencegah sindrom metabolik," kata Takayuki Yamaji, ahli jantung dari Universitas Hiroshima sekaligus penulis utama penelitian ini dikutip dari Science Alert, Jumat (17/11/2017).

"Ketika orang makan dengan cepat, mereka cenderung merasa tidak kenyang dan akan makan berlebihan. Makan cepat menyebabkan fluktuasi glukosa yang lebih besar dan dapat menyebabkan resistensi insulin," sambungnya.

Halaman
12
Editor: nurhayati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved