Berita Belitung

Tertutup Awan, Hilal Tak Terlihat di Kabupaten Belitung

Pihaknya menyatakan bahwa posisi hilal tidak terlihat karena tertutup awan.

Tertutup Awan, Hilal Tak Terlihat di Kabupaten Belitung
Posbelitung/Yuranda
Suasana pelaksanaan Rukyatul Hilal di Pantai Tanjung Pendam Kabupaten Belitung, Senin (05/05/2019) 

POSBELITUNG.CO-- Berdasarkan hasil pemantauan hilal atau Rukyatul Hilal, Senin (5/5/2019) yang telah dilakukan Kementerian Agama Kabupaten Belitung bersama Stasiun Meteorologi H S Hanan Djudding, dan Pemkab Belitung, Pengadilan Agama Tanjungpandan, serta instansi terkait lainnya di Pantai Tanjung Pendam, tidak terlihat hilal. 

Kondisi ini terjadi karena terhalang oleh cuaca dan awan tebal yang menutupi.

Hal ini di sampaikan oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama  Kabupaten Belitung, Suyanto. Diakuinya tidak terlihat hilal dari pantauan  yang dilakukan.

Suasana pelaksanaan Rukyatul Hilal di Pantai Tanjung Pendam Kabupaten Belitung, Senin (5/5/2019)
Suasana pelaksanaan Rukyatul Hilal di Pantai Tanjung Pendam Kabupaten Belitung, Senin (5/5/2019) (Posbelitung/Yuranda)

Suyanto mengatakan, pemantauan hilal dilaksanakan mulai matahari terbenam pada pukul 17: 46: 43.63 WIB sampai hilal terbenam pada pukul 18: 14: 41.53 WIB. Pihaknya bersama intansi terkait telah berupaya dengan alat yang ada dan sederhana,  menyatakan bahwa posisi hilal tidak terlihat karena tertutup awan.

"Sehingga masih di bawah ufuk tetapi kita berharap setelah hasil pemantauan ini kita sama-sama, karena cuaca kita kita saksikan sendiri awannya tebal sehingga sudah mencoba beberapa kali namun tidak terlihat juga," kata Suyanto, Kepada posbelitung.co.

Pihaknya melalui penyelenggara syariha akan melaporkan ke kantor wilayah dan akan melaporkan kepada kementerian agama pusat, untuk bahan sidang isbat penetapan awal bulan Ramadan 1440 H, semuanya dari 34 provinsi semua mengadakan pemantauan hilal, dari kementerian agama dan ormas islam juga. (Posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved