Militer Rusia Klaim Gagalkan Serangan 36 Roket Militan yang Incar Pangkalan Udara di Suriah

Namun seluruh roket tersebut dapat dihalau oleh sistem pertahanan udara milik Rusia sehingga tidak menimbulkan kerusakan.

Militer Rusia Klaim Gagalkan Serangan 36 Roket Militan yang Incar Pangkalan Udara di Suriah
AFP / PAUL GYPTEAU
Sistem pertahanan udara Rusia di pangkalan udara Khmeimim di Suriah. 

Rusia Gagalkan Serangan 36 Roket Militan yang Incar Pangkalan Udara di Suriah

POSBELITUNG.CO - Militer Rusia mengklaim telah berhasil menggagalkan serangan roket yang ditembakkan kelompok militan ke pangkalan udara Khmeimim, di Suriah.

Sebanyak 36 roket ditembakkan kelompok militan Suriah dalam dua kali serangan ke pangkalan udara Khmeimim milik Rusia pada Senin (6/5/2019).

Namun seluruh roket tersebut dapat dihalau oleh sistem pertahanan udara milik Rusia sehingga tidak menimbulkan kerusakan.

" Serangan roket itu datang dari zona deeskalasi Idlib yang dikendalikan kelompok teroris Hayat Tahrir al-Sham," ujar kepala pusat rekonsiliasi Rusia di Suriah, Mayor Jenderal Viktor Kupchishin, dikutip Russian Times.

Ditambahkan Kupchishin, tak hanya berhasil menghalau serangan roket kelompok militan, militer Rusia juga mengirimkan jet tempurnya untuk melancarkan serangan balasan.

Kelompok militan Suriah disebut menggunakan pesawat tak berawak untuk mengarahkan tembakan dari beberapa sistem peluncur roket, namun serangan telah dicegah oleh sistem pertahanan udara yang dipasang di Khmeimim.

"Pesawat-pesawat tempur Rusia dan artileri milik pasukan pro-rezim Suriah kemudian meratakan posisi dari mana serangan roket diluncurkan," tambah Kupchishin.

Serangan roket ke pangkalan udara milik Rusia itu terjadi pada hari yang sama dengan pasukan Suriah melancarkan ofensif terbesar mereka ke wilayah terakhir yang dikuasai militan di negara itu.

Serangan oleh pasukan Suriah itu berhasil merebut kembali wilayah di desa al-Bani dan bukit strategis Othman di barat laut provinsi Hama untuk dikuasai Damaskus.

Pangkalan udara Khmeimim milik Rusia telah kerap menjadi sasaran serangan oleh kelompok-kelompok ekstremis dan teroris di Suriah, baik menggunakan roket maupun drone bermuatan bahan peledak. (Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rusia Gagalkan Serangan 36 Roket Militan yang Incar Pangkalan Udara di Suriah",

Editor: tidakada016
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved