Segini Kebutuhan Konsumsi Bawang Putih di Belitung Perkapita Pertahun

Jumlah itu menghitung dari jumlah penduduk 184.418 orang. Sedangkan kebutuhan bawang merah

Segini Kebutuhan Konsumsi Bawang Putih di Belitung Perkapita Pertahun
news.com.au
Ilustrasi bawang putih 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Untuk kebutuhan konsumsi bawang putih di Kabupaten Belitung, saat ini perkapita pertahun yaitu 1,46 kilogram (kg).

Sedangkan untuk kebutuhan perbulan 22,17 ton atau satu tahun 226 ton.

Jumlah itu menghitung dari jumlah penduduk 184.418 orang. Sedangkan kebutuhan bawang merah menghitung dari jumlah penduduk itu, 3,92 Kg perkapita pertahun, atau 54,58 ton perbulan alias 715 ton pertahun.

"Nah kemarin kami sudah mengecek langsung ke lapangan, dan memang stok rata-rata sudah menipis, atau ada yang kosong.

Kami dapat informasi kemarin senin itu sudah mau dikirim ke Belitung, tapi sampai sekarang belum dapat informasi lanjutan.

Paling dua tiga hari kedepan datang," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Destika Effenly kepada posbelitung.co, Selasa (7/5/2019).

Informasi harga bawang putih tersebut, kemarin sudah mencapai angka Rp 70.000,- per Kg. Agar bawang putih itu tidak kembali mengalami kenaikan, saat ini mereka hanya bisa menunggu informasi dari subdistributor.

Yang sudah berani memastikan bawang putih tersebut datang kurun waktu dua tiga hari kedepan, hanya satu tempat subdistributor di Belitung.

Bawang putih yang akan datang nantinya sebanyak 2 ton.

"Kalau 2 ton datang, untuk sementara waktu bisa menutupi pasokan di pasar dan masyarakat. Persoalan bawang putih seperti ini, secara nasional memang dan baru pertama kali terjadi seperti ini (kehabisan stok). Biasanya secara umum masih ada stok yang tersisa," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: tidakada016
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved