Breaking News:

Citra Satelit Ungkap China Bangun Kapal Induk Ketiga Jauh Lebih Modern

Kementerian Pertahanan AS memprediksi kapal itu bakal selesai pada 2022 mendatang.

Editor: Kamri
ChinaPower via CNN
Citra satelit yang diperoleh dari China Power, unit CSIS, menunjukkan adanya aktivitas di galangan kapal di Shanghai, di mana China diduga membangun kapal induk ketiga. 

Citra Satelit Ungkap China Bangun Kapal Induk Ketiga Jauh Lebih Modern

WPOSBELITUNG.CO - Sebuah citra satelit menunjukkan pembangunan kapal induk China tengah berlangsung, demikian disampaikan lembaga think tank Amerika Serikat (AS).

ChinaPower, unit dari Center for Strategic and International Studies (CSIS), merilis sebuah kapal besar tengah dibangun di Galangan Jiangnan yang berlokasi di Shanghai.

Rilis Film Live Action Pertama, Pokémon Detective Pikachu Segera Tayang

Diwartakan AFP Rabu (8/5/2019), gambar itu menunjukkan haluan dan lambung tengah dikerjakan. Nampaknya seperti kapal induk tipe 002 berbobot 85.000 ton.

"Melalui awan dan kabut, kami meyakini gambar itu merupakan haluan serta bagian lambung dari sebuah kapal yang besar," demikian disampaikan ChinaPower.

4 Penemuan Misterius yang Belum Bisa Terpecahkan oleh Para Peneliti

Unit CSIS itu menjelaskan meski detil tentang 002 terbatas, mereka meyakini citra satelit itu menunjukkan pembangunan kapal induk Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Rumor bahwa militer China membangun kapal induk ketiga yang jauh lebih modern sudah berhembus sejak Xinhua pertama kali membeberkannya pada November 2018.

Mirip Suasana Timur Tengah, Pohon Kurma di Masjid Al Barkah Bekasi Berbuah Tiap Ramadan

Dalam pemberitaan Xinhua, enam tahun telah terlewati sejak kapal induk kedua, pertama buatan China, menjalani uji coba dan tinggal menunggu waktu untuk dikerahkan.

" Kapal induk baru tengah dibangun," demikian keterangan artikel itu. Kementerian Pertahanan AS memprediksi kapal itu bakal selesai pada 2022 mendatang.

Keluar dari Lapas Sukamiskin, Ini yang Diingatkan Mantan Bupati Bogor Kepada Pejabat Bogor

Saat ini, Beijing baru mempunyai satu kapal induk yakni Liaoning yang berbobot 66.000 ton dan berusia 30 tahun. Kapal buatan Uni Soviet itu diperoleh dari Ukraina pada 1998.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved