Ramadan 2019

Mirip Suasana Timur Tengah, Pohon Kurma di Masjid Al Barkah Bekasi Berbuah Tiap Ramadan

Untuk merawat pohon kurma, pengurus masjid biasa memberikan pupuk kandang satu kali tiap bulannya. Hal itu agar pohon tetap tumbuh subur.

Mirip Suasana Timur Tengah, Pohon Kurma di Masjid Al Barkah Bekasi Berbuah Tiap Ramadan
KOMPAS.com/ DEAN PAHREVI
Pohon kurma menghiasi area Masjid Agung Al-Barkah, Jalan Veteran, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (8/5/2019). 

Mirip Suasana Timur Tengah, Pohon Kurma di Masjid Al Barkah Bekasi Berbuah Tiap Ramadan

POSBELITUNG.CO - Pohon kurma tumbuh subur di halaman Masjid Agung Al Barkah, Jalan Veteran, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Pantauan Kompas.com, Rabu (8/5/2019), sejumlah pohon kurma berdiri kokoh di halaman masjid mengelilingi masjid berserta tanaman hijau lainnya.

Tips Agar Duit THR Tak Langsung Ludes, Kunci Utama Mengelolanya

Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Al Barkah Bekasi Wahyu Alamsyah mengatakan, awalnya pada tahun 2004, pengurus masjid berusaha memperindah area masjid dengan tumbuh-tumbuhan.

Lalu, dipilih pohon kurma yang kemudian ditanam di halaman masjid agar suasana masjid mirip seperti suasana di Timur-Tengah.

"Awalnya tidak ada kesengajaan, masjid kan identik dengan pohon kurma, nah awalnya untuk hiasan saja, kita beli bibitnya di daerah Banten.

Keluar dari Lapas Sukamiskin, Ini yang Diingatkan Mantan Bupati Bogor Kepada Pejabat Bogor

Beberapa tahun kemudian (pohon kurma) berkembang hingga bisa berbuah sampai sekarang," kata Wahyu saat dihubungi Kompas.com.

Wahyu mengatakan, saat awal penanaman, ada 12 pohon kurma yang ditanam dan tumbuh besar. Dari 12 pohon, hanya tiga pohon yang dapat berbuah.

Namun kini, hanya tersisa enam pohon kurma yang masih berdiri tegak dan satu pohon di antaranya rutin berbuah tiap tahun.

"Awalnya ada 12 pohon tapi yang berbuah 3 pohon. Cuma yang sekarang tinggal enam pohon yang berbuah terus cuman satu pohon. Tinggal enam pohon karena sisanya gugur," ujar Wahyu.

Kepastian Tanggal dan Rincian Besaran Pembayaran THR Lebaran 2019 yang DIterima PNS

Halaman
12
Editor: kamri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved