Ternyata Orangutan Tapanuli di Batang Toru Suka Makan Durian dan Petai

Masyarakat mengusir orangutan dengan membuat api di bawah pohon, atau memukul-mukul batang pohon agar orangutan tersebut agar pergi.

Ternyata  Orangutan Tapanuli di Batang Toru Suka Makan Durian dan Petai
Balai Litbang LHK Aek Nauli, Wanda Kuswanda
Dua individu orangutan Tapanuli tampak memakan durian di kawasan hutan Batang Toru, beberapa waktu lalu. Durian merupakan salah satu dari 124 jenis makanan orangutan. 

Ketika Orangutan Tapanuli di Batang Toru Makan Durian dan Petai

POSBELITUNG.CO - Spesies baru di kelompok kera raksasa yaitu Pongo tapanuliensis atau orangutan tapanuli dalam kurun waktu satu abad terakhir mendiami kawasan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Berdasarkan penelitian selama 15 tahun, teridentifikasi lebih dari 124 jenis pakan yang dikonsumsi orangutan tapanuli dan dua di antara jenis makanan yang disukai adalah durian (Durious ziberthinus) dan petai.

Pongo tapanuliensis atau orangutan tapanuli dinobatkan dua tahun lalu sebagai spesies orangutan ketiga setelah Pongo pygmaeus atau orangutan kalimantan dan Pongo abelii atau orangutan sumatera.

Hal tersebut dikatakan peneliti utama, Balai Litbang LHK Aek Nauli, Wanda Kuswanda kepada Kompas.com, Rabu (8/5/2019).

Ia menjelaskan, dari 124 jenis pakan tersebut, di antaranya yang banyak dikonsumsi orangutan tapanuli adalah gala-gala (Ficus racemosa), medang nangka (Elaeocarpus obtusus), beringin (Ficus benjamina), hoteng (Quercus maingayi), teurep (Artocarpus elasticus), motung (Ficus toxicaria), asam hing (Dracontomelon dao) dan dongdong (Ficus fistulosa).

Sekitar 1,5 bulan yang lalu, Wanda mengaku sempat mengabadikan momen penting saat orangutan tapanuli memakan durian (Durious ziberthinus) milik masyarakat.

Buah beraroma khas tersebut merupakan makanan favorit sehingga tidak heran orangutan tapanuli akan turun saat musim durian.

Tidak tanggung, orangutan tapanuli ini bisa mengkonsumsi 20-30 durian dalam sehari. "Apakah itu durian matang atau masih mentah, tetap dimakannya," katanya.

Orangutan tapanuli menurutnya memiliki cara yang unik untuk mengkonsumsinya. Orangutan tapanuli memiliki cukup kekuatan untuk menarik batangnya untuk melepaskan durian.

Halaman
12
Editor: tidakada016
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved