Setelah 130 Tahun Menjadi Misteri Kini Makam ‘Manusia Gajah’ Terungkap

Joseph Merrick, selebriti era Victoria yang dikenal dengan julukan ‘Manusia Gajah’, menjalani kehidupan yang sulit karena cacat fisiknya.

Setelah 130 Tahun Menjadi Misteri Kini Makam ‘Manusia Gajah’ Terungkap
Getty Images
Joseph Merrick atau yang dikenal dengan julukan Manusia Gajah. 

POSBELITUNG.CO-- Selebriti era Victoria,Joseph Merrick, yang dikenal dengan julukan ‘Manusia Gajah’, menjalani kehidupan yang sulit karena cacat fisiknya.

Berkat riset dari penulis biografinya, terungkap Merrick tempat peristirahatan terakhirnya.

Merrick meninggal dunia pada 11 April 1980, di usianya yang ke-27. Namun, nama dan kisah hidupnya abadi hingga saat ini.

Ia pun menjadi salah satu tokoh ikonik dalam sejarah Inggris. Beberapa film layar lebar dan pertunjukkan teater pernah menggarap kisah Merrick, diperankan oleh beberapa aktor ternama seperti John Hurt, Mark Hamill, dan Bradley Cooper.

Selama ini, kerangka Merrick disimpan di Queen Mary University of London, di mana mahasiswa kedokteran bisa menelitinya.

Meski begitu, Joanne Vigor-Mungovin, yang pada 2016 mempublikasikan bukuJoseph: The Life, Times, and Places of the Elephant Man, mengaku telah menemukan tempat di mana jaringan lunak Merrick dimakamkan, yakni di City of London Cemetery.

Walau tidak yakin 100%, tapi semua yang ada di sana mengarahkannya ke Merrick. Mungovin mengatakan dia telah bekerja sama dengan kepala permakaman untuk mencari catatan penguburan yang sesuai dengan waktu kematian Merrick.

Tentang Joseph Merrick

Lahir pada 1862 di Leicester, Inggris, Merrick awalnya seperti anak yang sehat. Namun, seiring berjalannya waktu, ia mengalami kelainan di usia muda. Kepala dan tangan kanan Merrick tumbuh dengan proporsi yang lebih besar, tulangnya menyusut, dan kemudian mengalami kesulitan bicara serta berjalan.

Selama hidup, Merrick mengalami diskriminasi akibat kondisi tubuhnya. Meskipun di sisi lain, itu juga membawanya kepada ketenaran dan tercatat dalam sejarah.

Halaman
123
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved