Breaking News:

Fakta-fakta Puluhan Warga Sekayu Sumsel Keracunan Mi Basah

Para warga tersebut mengalami kondisi muntah-muntah serta kepala pusing dan langsung menjalani perawatan oleh tim medis rumah sakit.

HANDOUT
Seorang warga menjalani perawatan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Sekayu, Kabupaten Muba lantaran diduga menglami keracunan usai mengkonsumsi mie basah, Jumat (10/5/2019). 

Diduga Keracunan Mie Basah, Puluhan Warga Sekayu Sumsel Dilarikan ke RS

PALEMBANG, posbelitung.co - Puluhan warga kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan dilarikan ke ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit (RS) Sekayu lantaran diduga mengalami keracunan akibat mengkonsumsi mie basah, Jumat (10/5/2019).

Para warga tersebut mengalami kondisi muntah-muntah serta kepala pusing dan langsung menjalani perawatan oleh tim medis rumah sakit.

Yosep, salah satu warga Kampung 6 Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu mengatakan, sebelum mengalami keracunan istrinya tersebut sempat mengkonsumsi mie basah yang dibeli di pasar tradisional Talang Jawa, kota Sekayu, bersama keluarganya yang lain.

"Memang pas buka makan rujak mie, saya dan istri juga langsung pusing dan mual-mual langsung dibawa ke rumah sakit,"kata Yosep.

Ia menjelaskan, setelah mendapatkan perawatan dia diperbolehkan pulang untuk rawat jalan, namun Eliyani yang merupakan istrinya masih harus dirawat karena kondisinya terus menurun.

"Istri saya kondisinya lemah sekarang, jadi belum diperbolehkan pulang. Tadi banyak sekitar 10 orang lebih dibawa ke sini, semuanya mengalami hal yang sama," ujarnya.

Formalin

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin dr Azmi Dariusmansyah mengungkapkan, mereka telah menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan terhadap puluhan pasien yang diduga mengalami keracunan mie basah tersebut.

Menurut dr Azmi, mereka sebelumnya telah menemukan adanya dugaan penggunaan formalin dalam mie basah yang dijual di pasar.

"Kita sudah pernah imbau, agar berhati-hati mengkonsumsi mie basah. Karena saat sidak dan dilakukan pemeriksaan dari balai POM dan Puskesmas Balai Agung ditemukan kandungan formalin pada tahu dan mie serta boraks pada kemasan trasi udang," ujarnya melalui pesan singkat.

"Tim dari Dinkes sekarang langsung melakukan pengecekan ke rumah sakit, untuk pemeriksaan epidemiologi ke pasien." (Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diduga Keracunan Mie Basah, Puluhan Warga Sekayu Sumsel Dilarikan ke RS", 

Editor: Fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved