Breaking News:

Sejak Kapan Pisau Tercipta? Arkeolog Mengungkap Usianya Ternyata Lebih Tua dari Homo Sapiens

Ya, sejak jutaan tahun lalu, pisau telah menjadi alat andalan manusia untuk menyediakan makanan hingga menghindari binatang buas atau musuh.

Editor: Jaryanto
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi menggunakan pisau 

Sejak Kapan Pisau Tercipta? Arkeolog Mengungkap Usianya Ternyata Lebih Tua dari Homo Sapiens

POSBELITUNG.CO - Di antara semua benda yang ada di sekitar manusia, ada salah satu benda yang selalu menemani hidup manusia. Benda ini sejak zaman prasejarah hingga kini selalu menjadi bagian yang tak terlepaskan dari hidup manusia.

Benda tersebut adalah pisau. Ya, sejak jutaan tahun lalu, pisau telah menjadi alat andalan manusia untuk menyediakan makanan hingga menghindari binatang buas atau musuh.

Seiring bertambahnya pengetahuan manusia, pisau juga terus berkembang dan berubah. Tapi, sebelum kita mengenai bentuk pisau sekarang, sejak kapan benda tajam ini dikenal manusia?

Sebelum Homo sapiens

Pisau dikenal manusia sejak jutaan tahun lalu. Setidaknya begitulah temuan para arkeolog tentang alat bermata tajam pada 2014 lalu.

Usia alat yang ditemukan ini adalah 2,6 juta tahun. Usia benda ini lebih tua dari spesies kita sendiri, yaitu Homo sapiens.

Hal ini menunjukkan bahwa sejak masa prasejarah, nenek moyang kita telah berpikir untuk membuat hidup lebih mudah dengan pisau.

Pada masa itu benda tajam tidak sehalus seperti pisau sekarang. Benda itu dibuat dari batu retak yang membuat ujung tajam.

Alat ini tidak hanya untuk memotong makanan seperti tumbuhan atau daging, tapi juga dipasang di ujung anak panah dan tombak.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved