Breaking News:

Layanan Bandara Nanga Pinoh Melawi Dihentikan Sementara, Ini Penyebabnya

“Ditambah lagi minat penumpang yang memilih bus antar kota dalam provinsi untuk ke Pontianak juga mengalami peningkatan,” jelasnya.

istimewa
Bandara Nanga Pinoh di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. 

Sepi Penumpang, Layanan Bandara Nanga Pinoh Melawi Dihentikan Sementara

POSBELITUNG.CO– Layanan penerbangan di Bandar Udara Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, resmi dihentikan sementara sejak Jumat (10/5/2019).

Kasi Teknik Operasi dan Pelayanan Darurat Bandara Nanga Pinoh, Sumartono mengatakan, penghentian operasional bandara tersebut karena beberapa bulan terakhir sepi penumpang.

Bandara Nanga Pinoh melayani penerbangan Melawi-Pontianak dan Melawi-Ketapang menggunakan pesawat perintis. “Berhenti sementara, tetapi tidak ditutup sambil menunggu informasi lanjutan dari pusat untuk melayani penerbangan khususnya Melawi-Pontianak atau Melawi-Ketapang,” kata Sumartono, Jumat (10/5/2019).

Berdasarkan kajian Kementerian Perhubungan, penyebab sepinya bandara karena dipengaruhi jarak Nanga Pinoh, Melawi, ke Bandara Tebelian Kabupaten Sintang yang baru beroperasi terbilang dekat. Jarak tempuhnya hanya memakan waktu satu setengah jam.

“Ditambah lagi minat penumpang yang memilih bus antar kota dalam provinsi untuk ke Pontianak juga mengalami peningkatan,” jelasnya.

Sumartono berharap, Bandara Nanga Pinoh masih bisa melayani penerbangan saat arus mudik lebaran tahun 2019, karena ada kemungkinan terjadi lonjakan penumpang.

“Sehingga bisa membantu penumpang yang menggunakan bus atau angkutan darat lainnya, dan mengantisipasi lonjakan penumpang di Bandara Tebelian Sintang,” paparnya.

Padahal panjang landasan pacu bandara tersebut sudah ditambah beberapa tahun lalu, namun pesawat dengan kapasitas penumpang lebih besar masih belum ada yang mendarat di bandara tersebut.

Sementara itu, Wardana, salah seorang pemuda Nanga Pinoh menyayangkan berhentinya operasi penerbangan di Bandara Nanga Pinoh.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved