Breaking News:

Apakah Benar Bintitan Bisa Menular dari Tatapan? Cari Tahu Penjelasannya?

Suatu hari, teman-teman merasa ada yang mengganjal di mata dan saat dilihat, ternyata ada benjolan kecil seperti jerawat di kelopak mata kita.

phasinphoto/iStockphoto
Anak yang sedang mengalami bintitan. 

POSBELITUNG.CO -  Suatu hari, teman-teman merasa ada yang mengganjal di mata dan saat dilihat, ternyata ada benjolan kecil seperti jerawat di kelopak mata kita.

Wah, ternyata benjolan tadi menandakan kalau mata teman-teman mengalami bintitan.

Ketika mengalami bintitan, banyak orang yang menyarankan kita agar tidak menatap mata orang tersebut, karena dikatakan bintitan bisa menular dari tatapan.

Hmm.. benar atau tidak, ya, kalau bintitan bisa menular hanya dengan menatap mata orang yang mengalami bintitan?

Bintitan, Benjolan Kecil di Kelopak Mata karena Infeksi

Dalam dunia kedokteran, bintitan disebut juga sebagai hordeolum, yaitu benjolan merah berukuran kecil seperti jewarat yang ada di kelopak mata bagian luar.

 Biasanya, kita melihat benjolan bintitan ini ada di kelopak mata bagian atas, tapi sebenarnya bintitan juga bisa terjadi di kelopak mata bagian bawah, lo.

Bintitan merupakan infeksi yang disebabkan karena masuknya bakteri, sel kulit mati, maupun kotoran yang menyumbat kelenjar minyak pada kelopak mata.

Nah, penyumbatan ini kemudian menyebabkan kelopak mata jadi terasa membengkak, mengganjal, dan sering terasa sakit.

Selain itu, kelelahan dan stres juga bisa menyebabkan bintitan, lo, karena tubuh akan memproduksi zat kimia dan hormon tertentu yang menyebakan bintitan di mata.

Halaman
123
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved