Breaking News:

Jika Alami Kondisi Ini, Penderita Diabetes Wajib Membatalkan Puasanya

Pada pengidap diabetes yang tengah berpuasa,risiko hipoglikemia atau kadar gula darah rendah bisa meningkat hingga 7,5 kali lipat pada pasien diabetes

Thinstock
Konsultasikan ke dokter tentang rencana puasa bagi penderita diabetes. 

POSBELITUNG.CO - Pada pengidap diabetes yang tengah berpuasa, risiko hipoglikemia atau kadar gula darah rendah bisa meningkat hingga 7,5 kali lipat pada pasien diabetes tipe 2.

Sebuah studi dari EPIDIAR pada 2001 di 13 negara dengan populasi penganut agama Islam terbesar, menunjukkan kenaikan angka hipoglikemia saat bulan puasa.

Makanya,  kondisi ini perlu diwaspadai pada mereka yang memiliki diabetes namun tetap ingin menjalankan ibadah puasa.

"Selama Ramadan, terjadi peningkatan insiden hipoglikemia yang signifikan pada pasien DMT2 (Diabetes Melitus tipe 2).

Hal ini karena pasien DMT2 mengalami kekurangan zat gula dari makanan yang dicerna dan diserap, sehingga kadar gula dalam tubuh menurun secara drastis, " kata Prof. DR. dr. Ketut Suastika, Sp.PD (KEMD), Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia dalam temu media dan blogger di Cikini, Jakarta (30/04)

Berkaitan dengan risiko hipoglikemia, Ketut Suastika mengatakan, penderita diabetes  harus meminta saran ke dokter sekitar enam bulan sebelum bulan puasa demi mengetahui apakah mereka bisa menjalankan ibadah ini atau tidak.

Selama enam bulan ini, dokter biasanya akan mengecek kondisi tubuh mereka untuk memastikannya.

Tapi meskipun mereka diizinkan oleh dokter untuk tetap menjalankan ibadah puasa, bukan berarti mereka bisa sembarangan melakukannya.

Bahkan, dalam banyak kasus, jika terjadi perubahan kadar gula darah yang turun,  mereka biasanya diminta untuk langsung membatalkan puasa demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kondisi inilah yang dialami penderita diabetes yang harus membuatnya segera membatalkan puasa.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved