Breaking News:

Mengenal Tokoh Dunia: Mehmed VI, Sultan Terakhir Ottoman Turki

Pada 19 November 1922, sepupu pertama Mehmed VI sekaligus putra mahkotanya Abdulmejid Efendi menjadi Kepala Dinasti Osman yang baru dan Khalifah.

Shutterstock
Mehmed VI, Sultan terakhir Ottoman Turki. 

Biografi Tokoh Dunia: Mehmed VI, Sultan Terakhir Ottoman Turki

POSBELITUNG.CO - Mehmed Vahideddin, atau dikenal sebagai Mehmed VI, merupakan sultan terakhir Ottoman Turki yang berkuasa pada 4 Juli 1918 hingga 1 November 1922.

Dia merupakan sultan ke-36 Ottoman hingga kesultanan itu dibubarkan selepas kekalahan di Perang Dunia I dan menjadi Republik Turki pada 29 Oktober 1923.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan biografi dari Sultan Mehmed VI yang kemudian dimakamkan di Damaskus, Suriah, itu.

1. Masa Kecil

Mehmed VI lahir di Istana Dolmabahce, Konstantinopel (kini Istanbul), pada 14 Januari 1861, dan merupakan putra dari Sultan Abdulmejid I serta Ratu Gulustu Hanim.

Dia menjadi Putra Mahkota setelah anak Sultan Abdulaziz, Pangeran Sehzade Yusuf Izzedin, bunuh diri pada 1916, dan naik takhta menggantikan kakaknya, Sultan Mehmed V.

Sebelum dia berkuasa, sebelumnya Mehmed V yang menjalin hubungan akrab dengan Kekaisaran Jerman menyatakan perang terhadap Sekutu pada November 1914.

Saat itu, Mehmed V yang juga adalah Khalifah menyerukan kepada seluruh Muslim untuk mendukungnya.

Namun, kampanye militer Mehmed V mengalami kegagalan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved