Berita Belitung

Video : Dua Kapal Pengguna Alat Tangkap Cantrang Ditangkap Petugas Kapal Pengawas Perikanan HIU 03

Penangkapan di jalur penangkapan yang salah dan kapal ini menggunakan alat tangkap cantrang.

POSBELITUNG.CO - Kapal KM Rizki Mina Abadi GT 59 serta KM Ginatur S GT 102, Senin (20/5/2019) bersandar di pelabuhan Dinas Perikanan Kabupaten Belitung. Kapal berwarna hijau dan putih tersebut, merupakan kapal asal Tegal, Jawa Tengah.

Kapal tersebut berada disitu untuk diamankan oleh petugas. Lantaran sudah melakukan penangkapan di jalur penangkapan yang salah dan kapal ini menggunakan alat tangkap cantrang. Dua unit kapal itu, semula di tangkap oleh Kapal Pengawas Perikanan HIU 03 milik Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kapal memang membawa 21 ABK untuk KM Rizki Mina Abadi dan 23 ABK untuk KM Sinatur itu, sebelumnya ditangkap oleh petugas di perairan Bangka Selatan (Basel), Kamis (16/5/2019) sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu kapal Pengawas Perikanan HIU 03 tersebut, sedang berpatroli di perairan itu.

"Kebetulan lewat situ, jadi langsung dilakukan pengecekan dan ternyata mereka menggunakan alat tangkap centrang. Jadi langsung digiring kapal pengawas perikanan HIU 03 ke Tanjungpandan untuk diamankan," kata Kepala Kantor Satuan Kerja (Satker) PSDKP Tanjungpandan Janet F M Ambarita kepada posbelitung.co, Senin (20/5/2019).

Capt Kapal KM Rizki Mina Abadi bernama Rosikin, dan capt KM Ginatur S yaitu Sukardi. Mereka merupakan warga asal Tegal, Jawa Tengah yang semula sudah lima hari melakukan penangkapan ikan di seputaran perairan tersebut.

"Ya mereka pertama karena menangkap ikan bukan di jalurnya, dan itu pelanggaran. Untuk di perairan Bangka Belitung tidak boleh menggunakan cantrang, dan itu hanya boleh di perairan Pulau Jawa saja," ujarnya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved