Desa Pulau Seliu Akan Kemas Hasil Tangkapan Nelayan Secara Mandiri

Karena memang produk khas hasil tangkapan nelayan, berupa ikan dan kepiting kalau dimanfaatkan dan

Desa Pulau Seliu Akan Kemas Hasil Tangkapan Nelayan Secara Mandiri
Posbelitung/Yuranda
Kepala Desa Pulau Seliu Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung, Edyar saat di ruang kerjanya, Rabu (22/05/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--kapala Desa Pulau Seliu Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung, Edyar Mengatakan akan berupaya untuk   pengelolaan hasil tangkapan nelayan di desanya, dengan cara mendatangkan investor dari luar untuk membangun sarana tempat pengelolahan makanan siap saji.

"Karena memang produk khas hasil tangkapan nelayan, berupa ikan dan kepiting kalau dimanfaatkan dan di kelola dengan baik. Bisa jadi sumber dan penghasilan yang luar biasa," kata Edyar, Rabu (22/05/2019) sore. 

Lanjutnya, makanan siap saji yang akan direncanakan itu dalam bentuk makanan kemasan,  yang di kemas didalam kaleng, seperti ikan kaleng ataupun daging kaleng yang beredar di pasar. 

Saat ini nelayan ataupun pengepul yang ada di desa Pulau Seliu ini, masih menjual hasil tangkapannya ke Pasar Tanjungpandan, dengan harga yang kurang puas dan mengikuti harga pasar.

Edyar berencana kedepannya, pihaknya (aparat desa) tidak lagi mengandalkan harga pasar, mereka harus mandiri apapun masalah yang dihadapi kedepan.

Harus membangun tempat atau sarana untuk Pengelolahan hasil tangkapan itu sendiri, tanpa harus menjual hasil tangkapan ke pasar. 

"Untuk saat ini kami sudah ke lembaga ilmu pengetahuan indonesia (Lipi), untuk mengatasi permasalahan yang ada, " katanya

Edyar menambahkan, kemudian selesai lebaran akan membawak perwakilan dari desa pulau seliu dua orang dan,  perwakilan UMKM kabupaten dua orang, untuk dibawah ke pabrik kemasan kaleng makanan, melihat cara membuat makanan kemasak siap saji. (Posbelitung/Yuranda)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: tidakada016
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved