Berita Belitung

Penerbangan Internasional SIN - TJQ Tak Beroperasi, Kunjungan Wisatawan Mancanegara Turun Drastis

Penerbangan Internasional Singapura (SIN) - Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan (TJQ) sudah tidak beroperasi, terhitung 1 Mei 2019 lalu.

Penerbangan Internasional SIN - TJQ Tak Beroperasi, Kunjungan Wisatawan Mancanegara Turun Drastis
Dokumen Bangka Pos
Suasana Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Jumat (20/1/2017). 

POSBELITUNG.CO  - Ketua Assosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Provinsi Bangka Belitung Agus Pahlevi tidak memungkiri ada penurunan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Negeri Laskar Pelangi, pasca penerbangan Internasional Singapura (SIN) - Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan (TJQ) sudah tidak beroperasi, terhitung 1 Mei 2019 lalu.

Penurunan kunjungan wisman itu sangat drastis, terutama wisman asal Singapura. Padahal wisman tersebut cenderung menyukai destinasi yang ada direct flight. Ditambah pasar untuk wisatawan Belitung sudah mulai terbentuk, dan untuk menjaga market tersebut paling tidak terdapat maskapai lainnya bisa melanjutkan.

"Itu sebetulnya harapan kami, ada solusi airline lain untuk melanjutkan market yang sudah terbentuk itu. Karena dengan adanya akses ke luar negeri, peluang untuk mendatangkan wisman itu sangat besar. Ya peluang tercapainya target kunjungan wisman pun sangat besar," kata Agus Pahlevi kepada posbelitung.co, Jumat (24/5/2019).

Agus mengatakan, dengan kondisi saat ini target untuk wisman perlu dievaluasi, lantaran promisi kondisi aksesibilitas yang berubah. Tidak hanya bagi pemerintah daerah saja, namun juga di dunia Industri pariwisata.

"Karena ini adalah kerugian bagi Belitung yang sekarang sebagai salah satu destinasi prioritas. Tentunya nanti akan berdampak ke masyarakat, terutama yang terlibat baik langsung ataupun tidak langsung dalam kegiatan kepariwisataan," ucapnya.

Untuk dampak terhadap wisman sekarang belum begitu signifikan, lantaran market terhadap tujuan pariwisata Belitung di Singapura baru terbentuk. Namun apabila dimulai dari awal kembali, akan berpengaruh besar.

"Terutama terhadap promotion cost, nah ini yang harus dicarikan solusi dengan cepat, sebelum Belitung kehilangan moment," bebernya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved