Letkol Pnb Akal Juang Embryono , Penerbang Pesawat Kepresidenan Dengan Multi Talenta

Selama berkarier di TNI Angkatan Udara , suami dari drg Santi Mandalika itu memiliki kemampuan

Letkol Pnb Akal Juang Embryono , Penerbang Pesawat Kepresidenan Dengan Multi Talenta
Posbelitung/Dede S
Letkol Pnb Akal Juang Embryono 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Sebagai penerbang TNI AU, Letkol Pnb Akal Juang Embryono T.P, ST ‎yang saat ini menjabat sebagai Komandan Lanud H AS Hanandjoeddin ternyata pernah menjadi Kapten Pilot pesawat Kepresidenan RI.

Selama berkarier di TNI Angkatan Udara , suami dari drg Santi Mandalika itu memiliki kemampuan menerbangkan berbagai pesawat militer.

Mulai dari pesawat latih AS-202 Bravo, T-34 C, KT-1B Woong Bee, Ceesna 172, hingga C-130 Hercules, Fokker 28 VIP, dan Boeing 737 (termasuk BBJ yang saat ini digunakan oleh Presiden Jokowi).

Danlanud H AS Hanandjoeddin Akal Juang
Danlanud H AS Hanandjoeddin Akal Juang (Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Namun siapa menyangka sulung dari pasangan ‎Tjipto Sumarsono dan Noor Azizah itu bukan dibesarkan dari keluarga tentara, sebab sang ayah seorang pegawai PT Semen Gersik sedangkan ibu seorang guru SMA.

‎Saat ditemui pos belitung, Kamis (23/5), pria kelahiran Yogyakarta 22 November 1977 silam tersebut meceritakan telah menghabiskan masa kecil di kota Gresik, Jawa Timur hingga lulus SMP.

Perjalanan hidupnya dimulai ketika diterima di SMA Taruna Nusantara, Magelang pada tahun 1992. Setelah lulus SMA Taruna Nusantara di Magelang, keinginan Akal menguat untuk menjadi abdi negara sebagai seorang tentara.

Meskipun sebenarnya cita-cita tersebut sudah muncul semenjak kecil. Hingga akhirnya masuk sebagai taruna Akabri Udara atau AAU pada tahun 1995.

"Saya ini kan tumbuh besar di Gersik‎ daerah pantai yang jauh dari bandara jadi kalau melihat pesawat itu sesuatu yang luar biasa. Jadi saya daftar AKABRI ternyata lulusnya sebagai AU padahal saya nulisnya urut saja mulai dari AD, AU dan polisi," ungkapnya.

Selama di Akademi Angkatan Udara (AAU) di Jogyakarta, Akal Juang masuk jurusan Aeronatika atau Teknik Penerbangan

Lulus sebagai taruna AKABRI berpangkat Letda, Akal menjalani seleksi untuk bisa masuk Sekolah Penerbang TNI AU.

Halaman
1234
Penulis: Dede Suhendar
Editor: tidakada016
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved