Advetorial

Disdukcapil Luncurkan Progam Pantas, Gerilya Layani Masyarakat yang Memiliki Keterbatasan

Program bernama Pelayanan Antar Prioritas (Pantas) ini diluncurkan Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem)di Kantor Dukcapil Kabupaten Belitung

Disdukcapil Luncurkan Progam Pantas, Gerilya Layani Masyarakat yang Memiliki Keterbatasan
Ist/Dukcapil Belitung
Bupati Belitung Sahani Saleh bersama dengan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie dan pihak Dukcapil Belitung meluncurkan program Pelayanan Antar Prioritas (Pantas), Rabu (29/5/2019) 

POS.BELITUNG.CO--Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung memiliki program inovasi pelayanan terbaru. Program bernama Pelayanan Antar Prioritas (Pantas) ini diluncurkan Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem)di Kantor Dukcapil Kabupaten Belitung, Rabu (29/5/2019).

Program ini adalah pelayanan penerbitan dokumen kependudukan dari rumah ke rumah atau door to door. Pelayanan dimulai dari tahapan pemberkasan sampai dengan penyerahan dokumen langsung di rumah pemohon atau penduduk yang mengajukan. Peluncuran dimulai dengan pemaparan yang dilakukan Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie.

Hadir pada peluncuran program tersebut Sekretaratis Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Belitung, Hendra Caya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Susanti serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Belitung.

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Rabu (29/5/2019) melakukan pemasangan rompi kepada petugas pantas.
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Rabu (29/5/2019) melakukan pemasangan rompi kepada petugas pantas. (Posbelitung/Disa Aryandi)

“Pelayanan ini untuk penduduk disabilitas, lanjut usia, ibu hamil dan penduduk sakit serta penduduk yang mendapat musibah seperti banjir,” kata Plt Kepala Dukcapil Kabupaten Belitung, Mustopa kepada Pos Belitung, Rabu (29/5/2019).

“Ini adalah salah satu pelaksanaan ide atau saran dari Bapak Bupati Belitung melalui Bapak Wakil Bupati Belitung yang disampaikan pada saat kunjungan ke kantor Dukcapil beberapa waktu lalu,” tambahnya.

Kata Mustopa, program ini muncul untuk membantu masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, lantaran kesulitan beraktivitas, yang berujung kepada pengurusan pelayanan publik seperti pembuatan kartu BPJS, dan lainnya.

“Alhamdulillah ini sudah pernah berjalan dan sudah ada tujuh warga yang pernah kami layani, dan itu menyentuh hati masyarakat secara langsung. Ada beberapa orang langsung nangis ketika kami ke rumahnya,” ucapnya.

Dikatakan Mustopa, Dukcapil Kabupaten Belitung dari waktu ke waktu berbenah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terutama dalam rangka untuk membahagiakan masyarakat Belitung, sebagaimana yang selalu diamanahkan Bupati Belitung dalam setiap kesempatan.

Peluncurkan program  Pelayanan Antar Prioritas (Pantas), Rabu (29/5/2019)
Peluncurkan program Pelayanan Antar Prioritas (Pantas), Rabu (29/5/2019) (Ist/Dukcapil Belitung)

Sementara itu Bupati Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, Program Pantas ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Belitung untuk pelayanan kepada penduduk prioritas sehingga dapat terlayani dengan cepat dan tanggap. Selain itu, program ini untuk mewujudkan ekonomi yang berkeadilan, berdaya saing dan inovatif di Kabupaten Belitung.

“Kalau saya menamakannya gerilya, kalau jemput bola sudah biasa. Karena yang kami layani orang yang tidak bisa berjalan. Petugas langsung gerilya ke rumah penduduk itu untuk memberikan pelayanan,” kata Sanem.

Halaman
123
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved