Berita Belitung

Singgung Lagu Kebangsaan Anak dan Remaja, Ini Makna Hari Lahir Pancasila Bagi Bupati Belitung

Pancasila adalah salah satu ideologi negara sebagai bentuk pandangan hidup di Republik Indonesia.

Singgung Lagu Kebangsaan Anak dan Remaja, Ini Makna Hari Lahir Pancasila Bagi Bupati Belitung
Posbelitung/Disa Aryandi
Bupati Belitung Sahani Saleh 

POSBELITUNG.CO  - Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni, diperingati dengan upacara bendera di Halaman kantor Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, yang diikuti oleh TNI-Polri, ASN, Pemuda Pancasila dan personil Bela Negara.

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) memaknai, pancasila adalah salah satu ideologi negara sebagai bentuk pandangan hidup di Republik Indonesia. Sehingga harus menjadi suatu pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

"Terutama hidup secara pribadi, itu bagi saya makna sebuah pancasila. Termasuk pula hidup berkeluarga, bermasyarakat, yang harus dipedomi adalah pancasila. Itu hanya rumusan saja bagi saya, tapi banyak yang lain," ungkap Sanem kepada posbelitung.co, Sabtu (1/6/2019) usai pelaksanaan upacara.

Menurut Sanem, pancasila merupakan sesuatu yang wajib dihayati oleh setiap kalangan. Namun tidak terlepas dari mengamalkan, dan mempedomani ideologi pancasila dalam kehidupan sehari - hari.

"Karena pancasila ini memiliki sejarah bagi Indonesia. Nah sekarang dalam memaknai pancasila, saya lihat sudah ada pergeseran. Dulu kalau saya SD (sekolah dasar) pancasila itu harus di maknai secara betul-betul dan dibacakan satu persatu dan harus berdiri," ujarnya.

Lanjut Sanem, pergeseran memaknai pancasila tersebut terlihat dari kurangnya memunculkan lagu-lagu kebangsaan pada usia anak, hingga remaja. Sehingga nilai-nilai pancasila yang tertuang di dalam lagu-lagu kebangsaan tersebut, kini sudah berkurang.

"Ya kalau dulu kami setiap pulang sekolah nyanyi lagu-lagu kebangsaan dulu, kalau sekarang tidak. Nah perihal seperti itulah pola pergeseran sekarang ini, dan kami berharap ini harus digali kembali, serta harus ditingkatkan. Mungkin inilah kurang pembinaan dari bawah itu," bebernya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved