BPBD Belitung Siagakan Personel Selama Liburan Idul Fitri 1440 Hijriah, Ini Titik Fokusnya

Terdapat dua tempat pariwisata, yang biasa menjadi pusat tujuan utama bagi masyarakat lokal maupun

BPBD Belitung Siagakan Personel Selama Liburan Idul Fitri 1440 Hijriah, Ini Titik Fokusnya
Pos Belitung/Disa Aryandi
Abdul Sani 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bidang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Belitung, sudah mempersiapkan personel serta peralatan untuk mengantisipasi pembeludakan aktivitas masyarakat pada libur Idul Fitri 1440 Hijriah.

Terdapat dua tempat pariwisata, yang biasa menjadi pusat tujuan utama bagi masyarakat lokal maupun wisatawan untuk berlibur.

Yaitu Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Dua pantai itu menjadi pantai favorit di Negeri Laskar Pelangi.

"Nah kami nanti fokus utama untuk melakukan pemantauan masyarakat yang berlibur disitu. Terutama di Pantai Tanjung Tinggi, setelah itu patroli di pantai Tanjung Kelayang, tapi fokus tetap di Tanjung Tinggi, karena biasa nya setiap tahun orang mandi dipantai paling banyak di pantai itu," ungkap Kabid BPBD Satpol PP Kabupaten Belitung Abdul Sani kepada Posbelitung.co, Senin (3/6/2019).

Fokus pemantauan personil BPBD, kata dia, pada lebaran ke tiga dan lebaran ke empat. Namun mereka tidak membuka posko terpadu, hanya melakukan pemantauan terhadap masyarakat saat melakukan aktivitas di dalam air.

"Tapi personil tetap stand bye di pantai itu. Ya cuma lebaran ke tiga dan ke empat, karena pada saat itu puncak nya orang berlibur Idul Fitri biasanya. Belum lagi memang mobilitas orang ke pantai Tanjung Tinggi pada saat itu sangat ramai biasanya," ujarnya.

Sedangkan, lanjut dia, untuk pantai Tanjung Kelayang, mereka hanya melakukan patroli biasa. Lantaran di Pantai tersebut tidak begitu banyak warga yang melakukan aktivitas mandi di air laut.

"Tapi tetap memantau juga, tapi tidak ada yang stand bye. Kami rencana mempersiapkan tujuh orang personil dan rubber boat. Kemungkin pula rubber boat ini akan di terjunkan langsung air, untuk mengantisipasi perihal yang tidak di inginkan," bebernya.

Selain itu, tambah dia, mereka tetap mensiagakan personil selama libur Idul Fitri tersebut. Terutama apabila terjadi kejadian yang tidak di inginkan, maka seluruh personil tetap bergerak untuk melakukan aksi.

"Kami tetap stand bye kan regu piket, apabila ada informasi seluruh personil akan dikontak, dan bergerak walaupun hari libur tetap siaga," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: tidakada016
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved