Detik-detik Kapal Pesiar Hilang Kendali dan Tabrak Dermaga di Venesia, Turis Berlarian

"Mesinnya macet, tetapi tetap dengan daya dorong karena kecepatannya meningkat," tambahnya.

Kapal Pesiar Hilang Kendali dan Tabrak Dermaga di Venesia, Turis Berlarian

POSBELITUNG.CO, SAN BASILIO ZATTERE - Sebuah kapal pesiar besar kehilangan kendali saat hendak merapat di Venesia, Minggu (2/6/2019), hingga akhirnya menabrak dermaga dan menyebabkan para turis berlarian menyelamatkan diri.

Rekaman video dari berbagai sudut yang beredar di internet memperlihatkan detik-detik saat kapal pesiar MSC Opera mendekati sisi dermaga, membunyikan sirene, kemudian mendorong sebuah perahu wisata, sebelum akhirnya berhenti.

Empat orang dilaporkan mengalami cedera ringan dalam insiden yang terjadi di San Basilio-Zattere di kanal Giudecca, Venesia, tersebut, menurut otoritas pelabuhan, dikutip AFP.

Keempat korban luka, yang telah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan, adalah penumpang di atas kapal wisara River Countess, yang ditabrak dan didorong oleh kapal pesiar di dermaga. 

"Kapal MSC Opera mengalami kerusakan mesin, yang segera dilaporkan oleh kapten kapal," ujar Davide Calderan, kepala perusahaan kapal penarik, yang terlibat dalam membawa kapal pesiar itu ke dermaga.

"Mesinnya macet, tetapi tetap dengan daya dorong karena kecepatannya meningkat," tambahnya.

Dua buah kapal derek yang menuntun kapal pesiar itu ke dermaga Giudecca telah berupaya memperlambat laju kapal, tetapi salah satu rantai yang menghubungkan kapal derek dengan kapal raksasa itu terputus karena tidak kuat menahan tekanan.

Dilaporkan bahwa kerusakan kapal MSC Opera yang mampu mengangkut lebih dari 2.500 penumpang itu bukan kali pertama dan pernah terjadi pada 2011 saat dalam pelayaran Baltik.

Insiden pada Minggu (2/6/2019) itu juga kembali memicu perdebatan di Venesia tentang kerusakan yang dialami kota dan ekosistemnya yang rapuh akibat kapal-kapal pesiar yang berlayar terlalu dekat dengan pesisir.

Halaman
12
Editor: teddymalaka
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved