Silaturahmi Saat Lebaran Ternyata Berpengaruh Positif bagi Kesehatan

Pasalnya, studi menemukan bahwa hubungan baik dan koneksi sosial berperan besar bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Silaturahmi Saat Lebaran Ternyata Berpengaruh Positif bagi Kesehatan
istimewa
Ramah tamah dan silaturahmi di kantor Bupati Belitung usai Salat Ied 1440 Hijriah 

Demi Kesehatan, Jangan Lupa Bersilahturahmi Saat Lebaran Ini

POSBELITUNG.CO – Memasuki waktu mudik Lebaran seperti sekarang ini, Anda tentunya mulai kembali berkomunikasi dengan orang-orang yang Anda kenal namun jarang bertemu karena kepadatan aktivitas.

Momen mudik ini dapat dijadikan sebagai awal untuk menjaga hubungan baik dengan orang-orang tersebut.

Pasalnya, studi menemukan bahwa hubungan baik dan koneksi sosial berperan besar bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Sains Buktikan Saling Memaafkan Saat Lebaran Tak Hanya Hapus Dosa tapi juga Baik Untuk Kesehatan

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Carolina, individu yang memiliki relasi sosial kuat cenderung lebih sehat dan berisiko rendah untuk mengalami berbagai penyakit.

Sebaliknya, individu yang merasa terisolasi memiliki risiko tinggi dan rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini berlaku bagi seluruh kalangan, mulai dari remaja hingga manula.

Sebagai contoh, orang tua berusia 57-91 tahun yang mengalami isolasi sosial memiliki risiko tekanan darah tinggi sebesar dua kali lipat dibanding mereka yang tidak merasakan isolasi.

Hal ini dapat memicu kemunculan penyakit lain terkait tekanan darah, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Contoh lain, remaja dalam rentang usia 12-18 tahun yang merasakan isolasi sosial memiliki risiko 27 persen lebih tinggi untuk mengalami inflamasi kronis.

Hal ini juga berkaitan dengan tingkat aktivitas fisik harian, karena remaja yang mengalami isolasi umumnya tidak banyak menghabiskan waktu untuk aktivitas fisik intens.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved