Berita Belitung

Belitung Bagian Selatan Jadi Sorotan Soal Penggunaan Alat Tangkap Perikanan yang Dilarang

Dinas Perikanan Kabupaten Belitung sudah mencatat berbagai potensi pelanggaran penggunaan alat tangkap perikanan.

Belitung Bagian Selatan Jadi Sorotan Soal Penggunaan Alat Tangkap Perikanan yang Dilarang
Screenshoot video Pos Belitung/Disa Aryandi
Ilustrasi - Dua Kapal Pengguna Alat Tangkap Cantrang Ditangkap Petugas Kapal Pengawas Perikanan HIU 03 di Bangka Selatan 

POSBELITUNG.CO - Dinas Perikanan Kabupaten Belitung sudah mencatat berbagai potensi pelanggaran penggunaan alat tangkap perikanan. Terutama titik lokasi yang biasa digunakan oleh oknum penangkap hasil perikanan. Lokasi yang biasa menjadi incaran di daerah Belitung bagian selatan perairan Teluk Berang,

Alat tangkap yang biasa digunakan oleh oknum penangkap ikan menggunakan Cantrang. Alat tangkap satu ini dilarang oleh pemerintah pusat. Toleransi alat tangkap ini hanya bisa dipergunakan di perairan Pulau Jawa.

"Paling berpotensi pelanggaran di daerah selatan itu. Biasa kapal- kapal dari Pulau Jawa mencari ikan sampai ke Belitung. Aturannya cantrang hanya bisa beroperasi di Pulau Jawa saja, nah kami sudah mewaspadai itu sejak lama," kata Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Idamsyah kepada posbelitung.co, Sabtu (8/6/2019).

Apabila menemukan ada penggunaan alat tangkap dilarang atau mendapat laporan, Dinas Perikanan Kabupaten Belitung hanya melakukan pembinaan dan berkoordinasi dengan aparat maupun pengawas perikanan pemerintah pusat.

"Kami hanya bersifat pengendalian saja untuk itu, karena kewenangan laut sudah tidak lagi di Kabupaten. Ya kalau ada pelanggaran, kami langsung melakukan koordinasi dengan instansi yang terkait," ujarnya.

Selain di Teluk Berang, ada alat tangkap yang dilarang lainnya yang biasa digunakan oknum nelayan seperti trawl mini. Pernah ditemukan oleh pemerintah di Pegantungan, Kecamatan Badau, Lassar Kecamatan Membalong, Tanjung Rusa Kecamatan Membalong dan Dendang Belitung Timur.

"Karena disana memang salah satu jalur penangkapan perikanan, dan satu jalur dengan Pulau Jawa. Namun untuk trawl mini ini musiman juga. Sempat ada konflik juga, tapi sudah diselesaikan, konflik antar nelayan," pungkasnya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved