Berita Belitung

KPU Belitung Timur Buka Kotak Rekapitulasi

KPU Belitung Timur melakukan kegiatan buka kotak rekapitulasi pemilihan presiden dan wakil presiden yang sudah dilaksanakan PPK

KPU Belitung Timur Buka Kotak Rekapitulasi
posbelitung/suharli
KPU Kabupaten Belitung Timur membuka kotak rekapitulasi dengan disaksikan, Perwakilan Polres Beltim, Bawaslu Beltim, dan Saksi Paslon di Gudang Logistik KPU Beltim. Sabtu (8/6/2019) 

POSBELITUNG.CO - KPU Belitung Timur melakukan kegiatan buka kotak rekapitulasi pemilihan presiden dan wakil presiden yang sudah dilaksanakan PPK beberapa waktu lalu.

Kegiatan buka kotak tersebut dilaksanakan di Gudang Logistik KPU Beltim, terkait adanya gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang sudah masuk MK dari paslon 02.

Selain itu menurut Rizal, juga karena adanya petunjuk teknis berupa PKPU No 4 pasal 95 yang menyatakan bahwa KPU Kabupaten kota dapat membuka kotak rekapitulasi untuk melengkapi dokumen yang akan diajukan dalam menyusun jawaban untuk perselisihan capres dan wapres yang sudah diajukan paslon 02.

Rizal menjelaskan kegiatan ini terkait adanya gugatan PHPU yang sudah masuk MK dari paslon 02, juga adanya petunjuk teknis berupa PKPU No 4 pasal 95 tahun 2019, yang menyatakan bahwa KPU Kabupaten kota dapat membuka kotak rekapitulasi untuk melengkapi dokumen yang akan diajukan dalam menyusun jawaban untuk perselisihan capres dan wapres yang sudah diajukan paslon 02.

"Nah dokumen ini akan kami sampaikan ke KPU Provinsi Babel agar disusun kembali untuk diserahkan ke tim advokasi KPU RI untuk memberikan jawaban pada saat pesidangan di makamah Konstitusi," ujar Rizal kepada posbelitung.co, Sabtu (8/6/2019).

Rizal juga menyampaikan adapun yang dokumen diambil dintaranya daftar hadir pada psoses rekapitulasi di tingkat masing-masing PPK kususnya untuk Pilpres, tanda Daftar terima dokumen rekapitulasi yang dihasilkan oleh PPK di kecamatan dan diterima oleh Paslon 01 dan 02  serta Dokumen keberatan saksi, jika ada kejadian dan terjadi di tingkat PPK (dokumen DA2).

"Dokumen tersebut selanjutnya di fotocopy dan dilegalisir di kantor pos dengan diberi materai 6 ribu. Selesai proses legalisir dokumen tersebut akan dikirim ke KPU Provinsi kepulauan Babel, dan dokumen yang tadinya diambil dan telah selesai diproses akan dikembalikan kembali ke kotak suara sesuai aslinya," ujar Rizal.

"Dokumen yang diambil dari kotak suara tidak akan merubah hasil apapun karena dokumen tersebut hanya sebagai alat pendukung, Kronologis dan alat bukti KPU yang telah disusun oleh KPU Kabupaten Beltim dalam gugutan di MK," beber Rizal.

Dalam Kegiatan tersebut turut pula dihadiri Komisioner KPU Beltim Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Yuli Restuwardi, Divisi SDM dan Partisipasi Pemilih Asrikhah , dan Divisi Hukum dan Pengawasan Pemilu Widiarsih, dan disaksikan Komisioner Bawaslu Beltim Divisi Pencegahan dan penghubung antar lembaga Haris Alamsyah, dan Divisi SDM dan Organisasi Ihsan Jaya Saksi Paslon 01 M. Taufik (sekretaris PDIP kabupaten Beltim), saksi Paslon 02 Makmur (Sekretaris Partai Gerindra kabupaten Beltim), dan perwakilan Polres Beltim.

(Pos Belitung/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved