Ternyata Jeroan Bermanfaat Baik Lho Bagi Kesehatan Manusia dan Lingkungan

Strategi lainnya adalah meningkatkan konsumsi jeroan, yang dapat mengurangi emisi sebesar 14 persen.

Ternyata Jeroan Bermanfaat Baik Lho Bagi Kesehatan Manusia dan Lingkungan
Pedagang jeroan 

POSBELITUNG.CO-- Mengkonsumsi Jeroan sapi, kambing maupun unggas seperti ayam dan bebek bagi masyarakat di Indonesia,  tidak asing. Bahkan menjadi kuliner khasnNusantara yang banyak menggunakan jeroan, entah itu otak, usus, hati, paru, ampela, lambung, babat, bahkan testis.

Namun, bagi sebagian besar masyarakat dunia, jeroan merupakan bahan yang jarang dikonsumsi, dan seringkali terbuang begitu saja.

Tetapi ternyata konsumsi jeroan juga ditemukan di berbagai menu tradisional berbagai negara lain, seperti negara pada kawasan Skandinavia dan Amerika Selatan.

Tapi ternyata, konsumsi jeroan memiliki dampak baik bagi kesehatan, ungkap studi terbaru.

Studi yang dilakukan terhadap industri daging di Jerman ini menyimpulkan bahwa konsumsi jeroan oleh masyarakat lokal dapat mengurangi emisi karbon nasional sebesar 14 persen.

Hal serupa juga diprediksi dapat terjadi di tingkat global. Menurut FAO, diperkirakan bahwa industri peternakan bertanggungjawab atas sekitar 14,5 persen emisi gas rumah kaca secara global, melalui gas yang dihasilkan oleh hewan ternak via kotoran.

Negara yang memiliki industri daging skala besar, seperti Amerika Serikat dan Australia, merupakan penyumbang utama.

Emisi gas dari industri daging tentu dapat diminimalisasi dengan penghentian konsumsi daging secara menyeluruh.

Namun, tentu saja hal tersebut mustahil dicapai, karena daging merupakan bahan makanan favorit serta mengandung banyak nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh.

Studi ini memperkirakan beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mengurangi semaksimal mungkin angka emisi gas rumah kaca yang dihasilkan industri peternakan.

Halaman
123
Editor: nurhayati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved