Berita Belitung

Tiga Orang Ditetapkan Tersangka Kejadian Sampan Tenggelam Di Pulau Lengkuas

Tiga orang tersebut, Tampa (40) pemilik sampan, Ridwansyah (38) pengemudi serta Reza (24) kenek sampan.

Tiga Orang Ditetapkan Tersangka Kejadian Sampan Tenggelam Di Pulau Lengkuas
istimewa
Detik - detik suasana penumpang kapal yang mengalami kecelakaan laut menuju Pulau Lengkuas, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO-- Satpolair Polres Belitung akhirnya menetapkan tiga orang sebagai tersangka atas kejadian tenggelamnya sampan yang mengangkut rombongan dari Pulau Lengkuas menuju perahu, Minggu (9/6/2019).

Tiga orang tersebut, Tampa (40) pemilik sampan, Ridwansyah (38) pengemudi serta Reza (24) kenek sampan.

"Pemilik, pengemudi dan kenek sampan sudah ditetapkan sebagai tersangka. Perkembangan lebih lanjut akan dilaksanakan gelar perkara," kata Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana.

‎Menurutnya sampan yang digunakan tersangka memang bukan diperuntukkan mengangkut penumpang sehingga secara otomatis tidak dilengkapi perlengkapan pengamanan.

Ditambah muatan sampan yang melebihi kapasitas yang menyimpulkan bahwa tersangka lalai sehingga menyebabkan kejadian sampan terbalik dan menelan korban jiwa.

Oleh sebab itu, ketiga tersangka dijerat Pasal 359 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara maksimal lima tahun.

"Memang kejadian ini baru pertama kali terjadi di perairan Pulau Lengkuas dan mudah-mudahan menjadi yang terakhir," kata Yudhis.

Satpolair Polres Belitung sebelumnya sudah memberikan imbauan agar wisatawan menggunakan kapal yang disediakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung yang berada di area Pantai Tanjung Kelayang.

"Di pos pelayanan satpolair sudah stanby dengan kapal polisi tipe C1, rubber boat dan dua unit jet ski yang selalu mobile melakukan patroli. Tapi memang oknum ini tetap mencuri kesempatan saat petugas lengah,"  sesal Yudhis.  (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved