Berita Pangkalpinang

Absensi Kehadiran ASN Pangkalpinang Masih Direkap, Bolos Siap-siap Kena Sanksi Disiplin

Sanksi harus diterapkan bagi yang melanggar sebab apabila tidak dilaksanakan pemerintah daerah pun akan ditegur oleh Menpan-RB

Absensi Kehadiran ASN Pangkalpinang Masih Direkap, Bolos Siap-siap Kena Sanksi Disiplin
Bangka Pos/Ira Kurniati
Sekda Pangkalpinang, Radmida Dawam 

POSBELITUNG.CO  - Sekda Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam mengatakan pihaknya sudah melakukan absensi kehadiran aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui pendataan dari BKPSDM. Setelah itu akan melaporkan hasil absensi tersebut ke Menpan-RB melalui sistem secara online.

Radmida menuturkan pada saat apel pagi hingga sidak yang dilakukan Wali Kota, dia melihat kehadiran jajaran pegawai ini sudah baik. Namun untuk rekapan jumlah yang hadir maupun tidak hadir belum dapat dibeberkan karena laporan masih ditangan pihak BKPSDM.

"Sudah ada edaran dari Menpan-RB ya. Kalau kami lihat kehadirannya sampai sidak dan pagi tadi bagus, karena bagi mereka yang tidak hadir karena bolos tanpa izin atau cuti akan mendapatkan sanksi," kata Radmida kepada bangkapos.com, Senin (10/6/2019).

Sanksi yang diberikan sesuai aturan berdasarkan tahapan yang ditetapkan dari kementerian tersebut. Hal ini tentu sanksi disiplin berupa teguran. Menurut Radmida, sanksi harus diterapkan bagi yang melanggar, sebab apabila tidak dilaksanakan pemerintah daerah pun akan ditegur oleh Menpan-RB.

Kepala BKPSDM Pangkalpinang, Agung Yubi, mengatakan ada tim yang memantau ASN di hari pertama setelah libur lebaran ini. Menurutnya disiplin pegawai di pemerintah kota Pangkalpinang bisa dikatakan baik. Terlihat dari Eselon II yang semua nya pun hadir dalam apel pagi dan halal bihalal.

"Secara umum dan kasat mata menurut saya bagus semua, kedisiplinan pegawai pemkot bagus dibandingkan tahun sebelum-sebelumnya. Kita contohkan saja untuk mengukur ini ada indikator dilihat dari Eselon II nya hadir semua. Berarti bawahan mereka otomatis ikut karena atasan juga ikut. Apel pagi juga bisa dilihat ramai kan tadi. Bukan ASN saja, yang pekerja harian lepas (PHL) juga ramai sekali ikut apel tadi. Pada saat sidak juga pantauan kami juga baik," kata Agung.

Namun ia belum dapat memberikan secara rinci jumlah kehadiran maupun ketidakhadiran ASN. Agung menyebut laporan absensi masih dalam tahap perekapan oleh pihaknya.

Sanksi yang diberikan kepada ASN membolos berupa peringatan sesuai dengan aturan Menpan-RB. Hal ini akan mempengaruhi nilai kedisiplinan para ASN dan penunjang kinerja kedepannya.

(Bangka Pos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved