Moms Wajib Tahu Berapa Lama Makanan Sisa Lebaran Bertahan di Kulkas

Oleh sebab itu, kulkas dengan suhu 4 derajat Celsius atau lebih rendah dapat melindungi makanan dari pertumbuhan bakteri tersebut.

Moms Wajib Tahu Berapa Lama Makanan Sisa Lebaran Bertahan di Kulkas
sajiansedap.grid.id
Sajian Ketupat Kandangan. 

Berapa Lama Makanan Sisa Lebaran Bertahan di Kulkas?

POSBELITUNG.CO - Lebaran telah usai, tapi bukan berarti persediaan makanan sudah habis. Makanan matang dan mentah yang belum diolah biasanya berujung di lemari pendingin alias kulkas.

Karena lemari pendingin dapat memperlambat tumbuhnya bakteri dan menjaga makanan tetap segar, tak heran kotak ajaib ini dijadikan tempat terakhir untuk menyimpan berbagai jenis makanan.

Segala jenis makanan, baik makanan mentah atau matang, mulai dari aneka masakan, sayuran segar, daging mentah, ayam, buah, kue basah, dan lain sebagainya ada di dalam lemari pendingin alias kulkas.

Meski menjadi bagian terpenting di tengah kehidupan masyarakat urban, banyak dari kita yang masih bingung sebenarnya berapa lama durasi kulkas menyimpan berbagai makanan itu?

Untuk diketahui, bakteri tumbuh paling cepat pada suhu antara 40 sampai 140 derajat Fahrenheit atau sekitar 4 sampai 60 derajat Celsius, dan bisa menggandakan diri hanya dalam waktu 20 menit.

Oleh sebab itu, kulkas dengan suhu 4 derajat Celsius atau lebih rendah dapat melindungi makanan dari pertumbuhan bakteri tersebut.

"Syarat kulkas bersuhu minimal 4 derajat Celsius dan untuk freezer 0 derajat Fahrenheit atau minus 17 derajat Celsius," ujar ahli gizi komunitas Dr dr Tan Shot Yen memperingatkan.

Dalam laman resmi United States Department of Agriculture (USDA), kita juga dianjurkan untuk mengatur kulkas ke suhu 4 derajat Celsius atau lebih rendah.

Bila kulkas di rumah tidak memiliki fitur yang dapat mengetahui dan mengukur suhu secara manual, kita bisa menempatkan termometer di dalam lemari es untuk memonitor suhu.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved