VIDEO: Bupati Belitung Tak Hanya Sidak tapi Lakukan In di Setiap OPD

Selain melakukan inspeksi mendadak (sidak) dibeberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), senin (10/6/2019) Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem)

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Selain inspeksi mendadak (sidak) di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin (10/6/2019) Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem)  juga melakukan peninjauan dan rapat 'kecil - kecilan'. 

Rapat kecil-kecilan itu, untuk pembenahan dan pengoptimalan OPD yang bersangkutan.

Seperti pembenahan sarana dan prasarana perkantoran serta pembuatan kantor baru bagi OPD. Lantaran kantor OPD tersebut terbilang sudah tidak layak lagi. Yang menjadi sorotan yaitu kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Sosial Kabupaten Belitung.

Sebab, kantor tersebut memiliki berbagai bidang dan lingkup kinerja sangat luas, sedangkan untuk fasilitas sejauh ini terbilang, belum begitu cukup. Ruangan - ruangan yang ada dikantor tersebut masih terbatas.

"Karena disini berkaitan dengan anak terlantas, Tagana, orang dengan gangguan jiwa. Itu fasilitas nya harus di penuhi. Belum lagi untuk administrasi nya sudah sempit," kata Sanem kepada Posbelitung.co, Senin (10/6/2019).

Selain kantor itu, kantor Inspektorat kini dinilai oleh Sanem harus dilakukan pembangunan baru. Bukan hanya sudah sempit bangunan tersebut, tapi memang sudah tidak layak lagi. Sebab Inspektorat harus lebih dominan saat ini, lantaran berkaitan dengan fungsi pengawasan dan audit.

"Karena terus terang saja disini (Belitung) kontroling nya kurang, selain dari itu fasilitas juga masih kurang. Nah kontroling dan fasilitas harus berimbang, jadi auditor itu mudah untuk melakukan kontrol," ujarnya.

Hasil dari pertemuan OPD dan Sanem, ada yang ditemukan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) OPD tidak berimbang dengan kinerja. Sehingga harus dilakukan pembenahan terlebih dahulu, agar semua berjalan sesuai dengan fungsi OPD masing-masing.

"Ini ada permasalahan siring jalan yang menjadi tugas PU, tapi fakta nya tugas sektor lingkungan hidup. Nah kedepan ini, PU hanya membangun saja, setelah itu diserahkan ke OPD yang bersangkutan. Nah ini juga bagian dari evaluasi," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved