Berita Belitung

Peralatan Meterologi Tidak Menangkap Adanya Deteksi Suara dan Getaran Misterius

Suara dan getaran misterius yang menghebohkan warga di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung hingga, Rabu (12/6/2019) masih belum diketahui penyebabnya.

Peralatan Meterologi Tidak Menangkap Adanya Deteksi Suara dan Getaran Misterius
Pos Belitung/Krisyanidayati
Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Metereologi Klas III Tanjungpandan, Ridwanto sedang menunjukkan prakiraan cuaca, Kamis (16/2/2017). Pos Belitung/Krisyanidayati 

POSBELITUNG.CO-- Suara dan getaran misterius yang menghebohkan warga di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung hingga, Rabu (12/6/2019) masih belum diketahui penyebabnya. Suara dan getaran yang terjadi sekitar pukul 19.30 WIB tersebut diprediksi merupakan sumber lain alias bukan potensi gempa.

Peralatan di Kantor Stasiun Meterologi Kelas III HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung tidak menangkap suara dan getaran misterius tersebut. Apabila ada potensi gempa yang disebabkan karena tektonik atau pergeseran lempeng, tentu pihaknya sudah mengeluarkan rilis resmi.

"Tapi dari alat kami tidak ada medeteksi itu, atau potensi dari suara maupun getaran itu dari peralatan kami tidak ada. Itu kemungkinan dari sumber lain," kata Kepala Kantor Stasiun Meterologi Kelas III HAS Hanandjoeddin HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan Charles Siregar kepada posbelitung.co, Rabu (12/6/2019).

Bisa saja, kata Charles, suara dan getaran yang membuat masyarakat heboh itu karena ada reruntuhan tambang yang tidak diketahui oleh masyarakat. Namun itu harus lebih diperjelas terlebih dahulu dan tidak bisa hanya sekedar prediksi.

"Bisa juga karena runtuhan, misalkan tambah apa yang tidak diketahui, tapi harus diperjelas dulu bagaimana. Cuma dari pergeseran tektonik tidak ada, karena tidak ada deteksi dari alat ini," jelasnya.

Menurut Charles, apabila terdeteksi potensi gempa atau dari sumber lempengan, pihaknya tetap mengeluarkan rilis resmi untuk diketahui oleh masyarakat. Rilis resmi tersebut pula, dikeluarkan pula oleh Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat.

"Karena peralatan itu update ke pusat juga, tapi ini tidak ada kami cek diperalatan kami. Sumber lain mungkin, tapi nanti kalau ada perkembangan kami informasikan lebih lanjut," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi) 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved