Getaran Misterius di Belitung, BMKG Mencatat Gempa Pernah Terjadi di Babel

Potensi gempa di Provinsi Kepualuan Bangka Belitung (Babel) menurut literatur yang ada disebabkan oleh sesar lokal.

Getaran Misterius di Belitung, BMKG Mencatat Gempa Pernah Terjadi di Babel
Bangkapos.com/Dok
Staf seksi data dan informasi Stasiun Meteorologi Pagkalpinang, Slamet Supriyadi 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Kepala Kelompok Analisa Prakiraan BMKG Pangkalpinang, Slamet Supriyadi mengatakan potensi gempa di Provinsi Kepualuan Bangka Belitung (Babel) menurut literatur yang ada disebabkan oleh sesar lokal.

Penjelasan Slamet ini terkait adanya suara ledakan yang disertai getaran yang dirasakan oleh warga Belitung.

Seperti yang pernah terjadi di daerah Pemali Kabupaten Bangka, Payung Kabupaten Bangka Selatan, dan di Selat Nasik. Namun ia menambahkan potensi gempa berkekuatan besar sangat amat kecil di Babel.

Kondisi yang terjadi tidak berpotensi tsunami, karena menurut Slamet gempa yang berpotensi tsunami harusnya memiliki kekuatan minimal 7 skala richter dengan magnitudo diatas 7.

"Sangat kecil, sehingga tidak berpotensi tsunami, karena kalau berpotensi tsunami harus dengan gempa diatas 7 skala richter, dengan magnitudo 7,  jelas Slamet, Kamis (13/6) saat ditemui bangkapos.com diruang kerjanya.

Belitung Dihebohkan dengan Suara Dumm dan Getaran Misterius

Peralatan Meterologi Tidak Menangkap Adanya Deteksi Suara dan Getaran Misterius

Soal Suara Dentuman dan Getaran Misterius Kemarin Malam, Bupati Belitung: Saya Tidak Dengar

Sedangkan menurut catatan BMKG sendiri, gempa terkuat yang pernah terjadi di Babel hanya berkekuatan dikisaran 0,5-0,6 magnitudo yang berada di sekitaran wilayah Jebus, sehingga kekuatan gempa ini sangat kecil dan tidak terlalu merusak terlebih lagi berpotensi tsunami.

Oleh karena itu ia mengimbau kepada masyarakat tidak perlu khawatir terkait gempa besar yang akan melanda Babel, namun begitu kewaspadaan dari masyarakat juga tetap diperlukan.

"Masyarakat tidak perlu resah, tidak perlu khawatir dimana gempa besar akan melanda Babel, tapi tetap harus waspada," imbau Slamet. (Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: fitriadi
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved