Berita Belitung

Jumat Bersih Wujudkan Lapas Aman Tanpa Narkoba dan Nyaman Tanpa Sampah

Kegiatan sinergitas Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan

Jumat Bersih Wujudkan Lapas Aman Tanpa Narkoba dan Nyaman Tanpa Sampah
IST/dok Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.
Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung melakukan fogging di area Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Jumat (14/6/2019). 

POSBELITUNG.CO - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan melaksanakan kegiatan Jumat Bersih dengan membersihkan Lingkungan Sekitar dalam dan luar Lapas Jumat (14/6/2019).

Kegiatan sinergitas bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar lapas dan pentingnya menjaga kebersihan demi mewujudkan rasa aman dan nyaman.

Disela-sela kegiatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan Skrinning TB + HIV Triwulan II bekerjasama dengan Puskesmas Badau dibawah pengawasan dr Jubel TH Gultom.

Dua orang petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung melakukan fogging mulai dari tempat sumber air hingga kamar narapidana dalam melakukan pengasapan untuk memastikan hasil yang maksimal.

Kegiatan Fogging ini tetap dilaksanakan meskipun belum ada temuan kasus DB di lapas tersebut. Dengan fogging itu, diharapkan wabah penyakit menular tersebut tidak masuk ke dalam lingkungan lapas.

Ditemui di sela – sela Kegiatan Skrenning HIV & TB di Poliklinik Lapas menjelaskan

"Kegiatan ini bertujuan Untuk melaksanakan salah satu Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2019 terutama pelayanan kesehatan orang dengan risiko terinfeksi virus yang melemahkan daya tahan tubuh manusia (HIV) perlu dilakukan pemetaan hotspot dan skrining HIV AIDS," ujar Kasubsi Perawatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Wili Sutrisno.

Petugas Puskesmas Badau mengambil sampe darah kepada warga binaan pemasyarakatan, Jumat (14/6/2019).
Petugas Puskesmas Badau mengambil sampe darah kepada warga binaan pemasyarakatan, Jumat (14/6/2019). (IST/dok Lapas Kelas IIB Tanjungpandan)

Menurut Wili, kegiatan tersebut dilaksanakan rutin per triwulan dan memasuki triwulan kedua, pihaknya bekerjasama dengan Puskesmas Badau dengan mengambil sample petugas dan WBP.

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Seno Utomo menjelaskan kegiatan jumat bersih merupakan upaya dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman tentunya untuk kepentingan bersama.

"Saya ingin menekankan kepada seluruh jajaran saya bahwa Lapas Tanjungpandan pasti bisa aman tanpa narkoba dan nyaman tanpa sampah untuk itulah hari ini saya kumpulkan seluruh jajaran untuk sama-sama melakukan aksi mencegah lebih baik daripada mengobati” tegas Kalapas.

Selain itu, kata Seno, program jumat bersih ini juga sebagai jalinan sinergitas antar instansi khususnya Pemerintah Kabupaten Belitung.

"Kami sampaikan terimakasih, Pemkab Belitung merespon baik dengan mengirimkan Petugas Fogging dari Dinas Kesehatan dan Truk Sampah LEBAH dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung dalam pelaksanaan kegiatan hari ini," ungkap Kalapas.

(Pos Belitung/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved