Berita Belitung

Lahan Persawahan Petani Danau Nujau Diserang Hama Keoang Padi

Memasuki musim tanam padi Di Belitung Timur, lahan persawahan milik para petani di Dusun Danau Nujau, Desa Gantung diserang hama keong.

Lahan Persawahan Petani Danau Nujau Diserang Hama Keoang Padi
Ist/Manto
Seorang petani di Dusun Danau Nujau, menunjukkan keong padi yang sudah dikumpulkannya dikarung. Jumat (14/6/2019)

BELITUNG TIMUR-- Memasuki musim tanam padi Di Belitung Timur, lahan persawahan milik para petani di Dusun Danau Nujau, Desa Gantung diserang hama keong padi. Para petani harus berjibaku memunguti satu persatu keong yang merusak tanaman padi mereka.

Satu diantara Ketua Gapoktan di Danau Nujau, Manto mengaku hama tersebut mulai muncul
Semenjak musim semai sekitar pertengahan bulan Mei lalu.

"Keong ini mulai banyak semenjak musim semai sekitar pertengahan bulan Mei lalu sampai sekarang," kata Manto kepada posbelitung.co, Jumat (14/6/2019).

Menurutnya, para petani sudah melakukan berbagai upaya pemberantasan hama keoang padi tersebut, namun masih belum maksimal.

"Petani telah berupaya melakukan penyemrotan dan mengambil secara manual ke lahan-lahan," ucap Manto.

Kedala lain yang dihadapi petani dalam pemberantasan keong yakni masih kurangnya toko-toko pertanian yang menjual obat untuk keong tersebut masih terbatas

"Kami telah berkordinasi dengan dinas pertanian kabupaten dan sudah mendapat bantuan tapu belum dapat mengatasai permasalahan yang ada di lapangan dan sekarang sedang dilakukan koordinasi dengan POPT (Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan) provinsi," beber Manto. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved