VIDEO: Wagub Babel Tegaskan OPD Akan Dihapus Jika Kinerjanya Jelek

Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Camat di Kabupaten Belitung, Jumat (14/6/2019) melakukan penguatan reformasi birokrasi (RB)

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Camat di Kabupaten Belitung, Jumat (14/6/2019) melakukan penguatan reformasi birokrasi (RB) sistem akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah (sakip) dan zona integritas (ZI) di Pemerintah Kabupaten Belitung.

Sistem tersebut dicetus oleh Kementerian Reformasi Birokrasi melalui tim Asistensi.

Penguatan RB, Sakip dan ZI itu dinilai sangat penting untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN). Terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar mendapatkan nilai di atas sekarang ini.

"Saya yakin apabila dapat menerapkan sistem ini, nilai akuntabilitas dari kinerja Belitung yang saat ini mendapat nilai Cc, bisa berubah, kalau tidak B menjadi Bb dan manfaatnya dia akan terlihat," kata Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Abdul Fattah kepada Posbelitung.co, Jumat (14/6/2019).

Apabila terdapat OPD - OPD yang tidak melahirkan suatu kinerja, kata Abdul Fattah, dan tidak memberikan manfaat kepada masyarakat, melalui sistem ini maka bisa dihapuskan OPD tersebut atau digabung dengan organisasi lain.

"Jadi misalkan, kalau organisasi itu sudah dibenahi, fungsinya sudah dilakukan dengan pola organisasi secara effesien, apabila terjadi pemborosan (anggaran), itu dapat dihindari. Soalnya semua sudah berada di dalam satu 'real' yang benar di RPJMD, renstra dan kegiatan," ujarnya.

Sistem ini, tentu memiliki sinergritas yang tinggi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung. Apabila seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota mendapatkan nilai akuntabilitas 'B', maka Pemprov akan mendapatkan nilai 'A'. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved